Chipset Smartphone Gaming MediaTek Helio G90 Segera Dirilis

JawaPos.com – Perangkat terbaru System on Chip (SoC) bikinan MediaTek mulai muncul ke publik. Perangkat yang dimaksud yakni Helio G90 yang merupakan chip untuk menenagai smartphone gaming.

Sebagaimana diketahui, MediaTek Helio G90 disebut-sebut bakal menjadi penantang chipset milik kompetitor mereka, yakni Qualcomm dengan Snapdragon 855 Plus. Hal ini tentu menarik mengingat Snapdragon 855 Plus menjadi chip yang sangat canggih. Artinya, pasar chipset untuk smartphone flagship akan semakin ramai.

Dilansir dari Gizmochina, Senin (29/7), MediaTek tampak memiliki ide yang sama persis dengan Qualcomm serta bertindak cukup cepat. Perusahaan Tiongkok itu akan merilis lini produk baru dari Helio G-series SoC pada 30 Juli. MEdiaTek berencana memperkenalkan SoC gaming G90 pada sebuah acara di Shanghai, Tiongkok.

Chipset gaming MediaTek Helio G90 hingga saat ini masih belum diketahui informasi lebih detailnya dan harus menunggu sampai yang bersangkutan meluncur. Namun begitu, MediaTek Helio G90 diyakini merupakan versi modifikasi dari chipset papan atas mereka saat ini, yakni Helio P90.



MediaTek sendiri belum pernah menangani perangkat khusus untuk game dan GPU mereka sering kali lebih lemah daripada pesaing mereka. Jadi dengan Helio G90 diharapkan MediaTek akan melangkah dan memberikan konsumen sesuatu yang hebat sekaligus baru ketimbang saat ini.

Seperti sudah disinggung di atas, spekulasi yang beredar menyebutkan bahwa G90 didasarkan pada Helio P90 yang memiliki CPU dengan dual core Cortex-A75 (2.2 GHz) dan enam core A55 (2.0 GHz). Sedangkan untuk GPU-nya Imagination PowerVR GM9446 (970MHz) menjanjikan peningkatan 15 persen dibandingkan Mali-G72 MP3 yang digunakan dalam Helio P70.

Apakah Helio G90 akan menggunakan GPU yang sama? Mungkin saja. Yang jelas, MediaTek harus meningkatkan pengalaman bermain dengan mode permainan seperti yang dimiliki chip Kirin. Jika benar demikian, setidaknya harus terdapat GPU yang lebih kuat seperti ARM yang memiliki core grafis Mali-G76 dan G77.

Sementara untuk Snapdragon, baru-baru ini mereka juga mengungkapkan varian chip anyar. Tidak benar-benar anyar memang, lantaran chipset tersebut adalah Snapdragon 855 Plus yang merupakan versi over-clock dari Snapdragon 855 biasa. Performanya diklaim meningkatkan GPU 15 persen lebih cepat dari Snapdragon 855 biasa.