Chipset Exynos Bakal Hadir di Luar Smartphone Samsung

JawaPos.com – Samsung dengan chipset Exynos tampaknya bakal bersaing dengan produsen chip lainnya, seperti Qualcomm, Intel, dan MediaTek untuk mengisi deretan smartphone di luar produknya sendiri. Chipset Exynos Samsung disebut siap tertanam pada produk smartphone lain dari vendor Tiongkok.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari Digitimes, Jumat (9/8), produsen smartphone Tiongkok kemungkinan akan menggunakan chip Samsung dalam upayanya merealisasikan perangkat smartphone 5G di Tiongkok. Saat ini tren jaringan seluler generasi kelima atau 5G sendiri memang tengah bergeliat.

Digitimes melaporkan bahwa salah satu dari empat merek smartphone teratas di Tiongkok telah memutuskan untuk menggunakan chipset Exynos Samsung dengan modem Exynos 5100 5G di dalam smartphone 5G yang akan datang. Prosesor ini dikatakan adalah Exynos 9630 berkemampuan 5G yang baru-baru ini akan diuji di dalam perangkat seperti Galaxy A51 dan Galaxy A71. Kedua smartphone tersebut dijadwalkan akan rilis tahun depan.

Mengingat penamaannya, chipset ini kemungkinan ditujukan untuk segmen menengah ke atas dan merupakan suksesor dari Exynos 9610. Seri Exynos 9610 sendiri merupakan seri di bawah chip flagship 9810 dan yang terbaru 9820 yang hadir menenagai perangkat Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus.



Digitimes juga menyebut bahwa Exynos 9630 bisa lebih kompetitif daripada solusi 5G serupa dari MediaTek dan Qualcomm. Sejauh ini, perusahaan Tiongkok kurang lebih terjebak dengan dua pembuat chip ini untuk kebutuhan chipset mereka. Tetapi dengan pangsa pasar Samsung jatuh di pasar Tiongkok, sepertinya produsen lain membuka diri untuk menggunakan chipset Exynos dalam perangkat mereka.

Jaringan 5G dinilai akan menjadi fitur ‘pembunuh’ berikutnya pada telepon pintar. Tiongkok pun disebut akan berada di garis depan. Tiongkok sendiri saat ini sudah memiliki Axon 10 Pro 5G dan Mate 20 X 5G (mulai dijual akhir bulan ini) bersama dengan serangkaian flagship 5G yang masuk dalam beberapa bulan ke depan.

Namun, tantangan sebenarnya adalah menawarkan smartphone 5G dengan harga kompetitif di segmen menengah. Exynos 9630 disebut bisa menjawab tantangan itu dengan salah satu produsen top Tiongkok telah memutuskan untuk menggunakannya.

Sayangnya, Digitimes tidak mengungkapkan nama pembuat handset yang dimaksud. Tapi mereka menebak adalah Oppo atau Vivo yang akan menggunakan chip Exynos Samsung. Hal tersebut lantaran Huawei tidak membutuhkan chipset Exynos dan Xiaomi kemungkinan tidak akan bereksperimen dengan chipset buatan Samsung pada tahap ini. Belum lagi laporan Digitimes sebelumnya yang mengatakan bahwa Oppo dan Vivo menguji sampel chipset Exynos 5G.

Untuk mengingat kembali, chipset Exynos telah digunakan pada beberapa telepon Tiongkok dari merek-merek seperti Meizu dan Lenovo. Moto Vision One juga sempat hadir pada Exynos 9609. Kini dorongan Samsung untuk adopsi chipset Exynos lebih luas dari tampaknya segera terwujud.

Raksasa Korsel itu selanjutnya dapat mengambil manfaat dari perang perdagangan baru-baru ini. Perusahaan Tiongkok tentu saja ingin mengurangi ketergantungannya pada pemasok yang berbasis di AS. Jika Samsung menawarkan solusi kompetitif, banyak vendor mungkin terbuka untuk menggunakan chipset Exynos.