”Check-up” Hewan Peliharaan di Kota Malang Digratiskan, Mau?

Ketahuan Memelihara Hewan Langka, Chrisn Brown Terancam Dihukum?

MALANG KOTA – Bagi masyarakat yang memiliki hewan peliharaan sejenis kucing, iguana, hingga reptil, punya kesempatan mendapatkan perhatian khusus dari Pemkot Malang. Melalui dinas pertanian dan ketahanan pangan (dispartan), Pemkot Malang membentuk Satgas Pet Lovers. Satgas ini berasal dari 10 perwakilan komunitas pemelihara hewan. Mulai dari pemelihara kucing, anjing, iguana, musang, sugar glider (wupih sirsik, bentuknya seperti tupai), dan reptil.

Tugas Satgas Pet Lovers ini mengontrol kesehatan hewan peliharaan. Satgas ini memberi check-up berkala kepada hewan agar tidak menularkan segala penyakit. ”Dengan adanya Satgas Pet Lovers, kami bisa menyosialisasikan soal penyakit hewan menular secara strategis kepada para pencinta hewan peliharaan,” terang Sri Sumarni, kepala Dispartan Kota Malang kemarin.

Pemeriksaan hewan ini lebih pada upaya memberi rasa nyaman kepada masyarakat. Baik pemiliknya maupun masyarakat sekitar. Sebab, mereka tidak lagi khawatir tertular penyakit. ”Komunitas pencinta hewan yang biasanya show di CFD, alun-alun, dan lain-lainnya, sudah kenal dengan satgas ini,” bebernya.

Nah, dia menyatakan, pelayanan kesehatan oleh dispartan itu gratis. Termasuk pemberian vitamin serta obat cacing. ”Semuanya kami gratiskan,” sambungnya.

Dia menyebut, pihaknya menyiapkan 4 kali layanan kesehatan terpadu untuk 2018 ini. Sementara waktunya akan disosialisasikan dispartan di tempat umum yang menjadi basis-basis pet lovers berkumpul.



Sebelumnya, pelayanan kesehatan hewan gratis kali pertama melampaui target. Ada 135 hewan, mulai iguana hingga reptil yang periksa kesehatan. Padahal, saat itu dispartan hanya menarget layanan 100 hewan. ”Masyarakat sangat antusias dengan program ini,” pungkasnya.

Pewarta: Fajrus Shiddiq
Editor: Dwi Lindawati
Penyunting: Abdul Muntholib