Changi Airport : Drones Menganggu Penerbangan di Bandara Singapore

MALANG – Otoritas Penerbangan Sipil (CAAS) mengatakan bahwa ada sekitar 18 penerbangan telah ditunda dan tujuh penerbangan dialihkan karena cuaca buruk. Minggu lalu satu landasan pacu di Changi ditangguhkan dan puluhan penerbangan ditunda setelah terlihat penampakan drone. Bandara di seluruh dunia menghadapi masalah keamanan yang seharusnya lebih ditingkatkan karena adanya penggunaan drone.

Dilansir dari BBC, Selasa (25/06), dalam sebuah pernyataan pada hari ini, CAAS mengatakan : “Ada sekitar 15 keberangkatan dan 3 kedatangan ditunda dan 7 penerbangan dialihkan karena cuaca buruk dan penerbangan drone tanpa izin.”

“Masyarakat setempat telah diberi peringatan oleh otoritas setempat untuk tidak menggunakan drone yang menganggu penerbangan dan keselamatan penumpang pesawat.”

CAAS juga mengatakan bahwa pelaku dapat dikenakan sanksi denda hingga 20.000 dolar Singapura atau 11.596 pound sterling atau kurungan 12 bulan penjara. Hal ini sudah terjadi untuk kedua kalinya dalam sepekan jika penerbangan di bandara Singapura pusat transit internasional utama terganggu oleh aktivitas drone.

Penampakan drone menimbulkan kekacauan perjalanan di bandara Gatwick pada bulan Desember, dengan sekitar 140.000 penumpang terjebak karena gangguan drone tersebut.



Landasan pacu di bandara tersibuk kedua setelah Inggris ini ditutup selama 33 jam selama tiga hari. Akibatnya, sekitar 1.000 penerbangan dibatalkan atau ditunda.

Penerjemah : Angelia Wijaya
Foto : Istimewa