Cetuskan Istilah IMTAQ dan IPTEK, Habibie Sempat Panen Kritik

Belasungkawa Timor Leste dan Sosok Istimewa Habibie bagi Negeri Xanana - JPNN.com

MALANG – Semasa SD, SMP hingga SMA dulu, kamu pasti gak asing dengan istilah IMTAQ IPTEK. Yang terbayang pasti penyampaian kurikulum sekolah di hari pertama kegiatan belajar mengajar atau tuturan kepala sekolah di suasana upacara Senin pagi. Bener nggak?

Well, tau gak sih kalau ternyata IMTAQ IPTEK yang merupakan singkatan dari Iman, Taqwa, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi merupakan gagasan dari Presiden RI ke-3, Alm. BJ Habibie. Yup, gagasan IMTAQ IPTEK ini merupakan upaya Habibie untuk mengintegrasikan Ilmu Pengetahuan dan Iptek dengan Iman dan Taqwa agar dapat menciptakan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas.

Profesor Jimly Asshidiq, sahabat Habibie, pada tayangan Mata Najwa episode “Selamat Jalan BJ Habibie”, mengenang kegigihan sahabatnya dalam memperkenalkan teknologi kepada masyarakat Indonesia. “Pertama kali datang ke Indonesia memperkenalkan istilah IPTEK, banyak yang kritik. Lama-lama menjadi bahasa yang lazim. Ilmu pengetahuan dan teknologi itu tidak dapat dipisah,” ujar mantan ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) ini.

Sebagai tokoh bangsa dan negarawan, Habibie memang patut dijadikan teladan. Tak terkecuali generasi milenial yang kini melek teknologi. Pada masanya, Habibie tidak hanya menjadi pemimpin negeri tapi juga menjadi teknokrat sekaligus seorang muslim yang berintegritas.

“Beliau juga memperkenalkan istilah IMTAQ. Kita biasanya bicara iman dan taqwa adalah dua hal yang berbeda. Tapi oleh Pak Habibie (ini) digabung,” imbuhnya.

Mimpi Habibie untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang seimbang seharusnya bisa diteruskan oleh pemimpin bangsa saat dan generasi muda saat ini. Oleh kalian! Yuk, hidupkan semangat bermimpi Habibie dengan menerapkan gagasannya di kehidupan sehari-hari kalian!

Penulis: Ananda Triana
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia