Cerita Dibalik Goodle Doodle ‘National Batik Day 2019’. Digambar Langsung Lho!

ZETIZENID – Seacrh engine nomor 1 di dunia, Google, merayakan Hari Batik Nasional dengan istimewa. Yakni dengan membuat Google Doodle atau logo Google bergambar batik.

Google Doodle batik ini dapat ditemukan ketika kita membuka laman beranda Google. Saat di klik, warganet akan ditujukan ke halaman pencarian Batik Day .

Bergeser sedikit di bawah doodle, terdapat menu ‘Discover batik’ yang berisi informasi tentang berbagai motif batik di Indonesia. Laman informasi ini masuk dalam fitur Google Arts & Culture

Tak hanya berupa gambar visual, Google juga mengilustrasikan doodle tersebut secara nyata lho! Seniman Lydia Nichols belajar langsung cara membuat batik diatas kain putih yang menggunakan pewarna alami. Begini proses ‘membatik’ doodle di belakang layar oleh Lydia :

1. Menggambar pola batik dengan lilin
2. Kain tampak berwarna kuning setelah dicelup 1 kali
3. Menggunakan canting untuk menerapkan lapisan lilin kedua dengan warna nila
4. Menambahkan warna indigo
5. Setelah semua aplikasi lilin dan pewarnaan selesai, kain direbus. Lilin yang mengeras bisa dihilangkan dan kain digantung hingga kering.

Sebelum akhirnya menampilkan Google Doodle berwarna biru, putih, emas, ada dua draft lain yang sudah disiapkan Google. Satu berwarna putih biru, lainnya dengan tambahan warna cokelat. Seperti ini :

Pertama dibuat tahun 1998, Google Doodle merupakan logo khusus yang hanya dipasang sementara di lokasi tertentu untuk memperingati suatu momen atau tokoh bersejarah

Pewarta : Zhavirra Noor Rivdha
Foto : Google
Editor : Indra M