Cerita Barongsai, Simbol Sang Penghalau Keburukan

KOTA MALANG -Perayaan Imlek, selalu identik dengan penampilan seni tradisional barongsai. Diiringi tabuhan musik, barongsai menghibur penonton dengan begitu atraktif. Rupanya, selain menjadi hiburan, barongsai juga mempunyai filosofi sendiri. Selain menjadi simbol dari binatang singa berani. Juga dipercaya memiliki kekuatan magis untuk mengusir roh atau keburukan. Sehingga, dinilai membawa keberuntungan, kemakmuran dan kedamaian.

Cerita legenda tarian barongsai sebenarnya punya banyak versi. Barangkali yang paling populer untuk mengusir makhluk jahat pada zaman dahulu kala. “Sejarahnya, dari dinasti Xia yang menghadiahkan seekor singa pada raja Persia, tapi dalam perjalanan singa itu meninggal” kata Humas Klenteng Eng An Kiong Malang Bonsu Anton Triyono.

Karenanya, barongsai dibuat menyerupai singa yang berambut panjang. Kemudian punya mata besar seperti anjing Chow Chow, satu-satunya ras anjing tertua di dunia yang berasal dari Tiongkok. Selain itu, badan memanjang seperti naga dan punya kulit bersisik untuk mengusir makhluk yang suka makan apa yang dilihatnya.

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto : Feni Yusnia