CEO Apple Ungkap Dampak Virus Corona Buat iPhone

RADARMALANGID – CEO Apple, Tim Cook, buka-bukaan soal pengaruh wabah virus corona yang tengah melanda China. Negeri Tirai Bambu memang pasar penting untuk iPhone dan juga menjadi basis produksi.

Dikutip dari South China Morning Post (29/1), Cook menyatakan bahwa Wuhan, lokasi virus corona berasal, merupakan tepat bagi sebagian penyuplai komponen Apple. Antisipasi pun sudah dilakukan.

“Kami memiliki beberapa penyuplai di area Wuhan. Semua penyuplai di sana adalah sumber alternatif dan tentunya kami bekerja dengan rencana mitigasi untuk mengantisipasi kehilangan produksi,” sebut suksesor mendiang Steve Jobs itu.

Dampak keseluruhan virus corona bagi Apple, menurut Cook, saat ini belum begitu jelas. Namun meski demikian, kemungkinan ada penurunan penjualan, lantaran waktu buka Apple Store saat ini diperpendek.

Sebelumnya, laporan Nikkei menyebut Apple berencana meningkatkan produksi iPhone sebanyak 10 persen pada paruh pertama 2020. Akan tetapi niat itu bisa berubah lantaran merebaknya virus corona.

Apple ingin memproduksi sampai 80 juta iPhone di paruh pertama tahun ini. Jumlah itu terdiri dari 65 juta iPhone lama dan sekitar 15 juta unit iPhone model baru. Model baru yang dimaksud adalah iPhone dengan banderol terjangkau, yang dikabarkan diluncurkan Maret mendatang.

Pabrik perakitan iPhone, Foxconn, telah meminta karyawan yang bekerja di pabriknya di Wuhan agar waspada. Karyawan yang keluar kota merayakan Tahun Baru China diminta memperpanjang waktu tinggalnya.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Business Insider
Penyunting: Fia