Cek Kesehatan Gratis Dinkes Kota Malang Jadi Jujugan Warga

KOTA MALANG – Rasanya ada yang kurang jika Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dinas yang getol memberikan penyuluhan kepada masyakarat untuk bergaya hidup sehat dan berolahraga ini tak ikut ambil bagian dalam acara Car Free Day, Minggu, (25/11) di Jalan Ijen Kota Malang.

“Jadi dalam rangka Hari Kesehatan Nasional yang ke 54, kita memang mengupayakan lewat event-event seperti ini kita (Dinkes) masuk di sana, gitu,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Dr dr Asih Tri Rachmi Nuswantari MM ditemui radarmalang.id di lokasi Car Free Day, Jalan Ijen, Kota Malang.

Seperti diketahui, Dinkes Kota Malang memang terus menyosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau biasa disingkat Germas, yang salah satu poinnya adalah olahraga teratur 30 menit setiap harinya.

Bertepatan dengan acara Jalan Sehat Arema Sadar Pajak V, walau acara dari Dinkes Kota Malang ini sudah diadakan untuk yang ke 3 kalinya di Car Free Day ini lagi-lagi mampu menarik antusiasme masyarakat Malang di acara bertajuk Konsultasi dan Penyuluhan Gizi Untuk Masyarakat Umum dalam Penanggulangan Masalah Gizi.

“Tujuannya yaitu menyosialisasikan pada masyarakat bahwa gizi itu baik, di situ penting karena apapun itu dimulai dari gizi,” ujar Asih.



Masih dalam euforia Hari Kesehatan Nasional ke 54, Dinas yang berlokasi di Jalan Simpang Laksda Adi Sucipto 45, Pandanwangi, Blimbing, Kota Malang ini menggandeng berbagai instansi dan penggiat kesehatan yang ada di Kota Malang dalam gelaran acara ini, termasuk, DPC Persatuan Gizi Indonesia (Persagi) Malang. “Event event inilah adalah kesempatan untuk kita bisa mensosialisasikan masyarakat, agar masyarakat bisa sehat,” paparnya.

Mahasiswa serta dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya maupun Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma) turut membantu Dinkes Kota Malang dalam realisasi program ini dan sosialisasi ke masyarakat.

“Kita tentu kolaborasi, soalnya kalau Dinas Kesehatan sendiri tentu tidak sampai, jadi karena kita ini punya perguruan tinggi, punya rumah sakit, persagi, kita semua gali potensi itu, kita munculkan untuk mereka supaya ikut serta memiliki Kota Malang ini,” tutup Asih.

Pewarta : Elfran Vido
Foto : Elfran Vido
Penyunting : Fia