Cegah Tergerus Lagi, Fondasi Tanggul Baswedan Dicor

 tanggul baswedan

JawaPos.com – Tanggul di Kampung Air, RT 03 RW 06 Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang sempat jebol Minggu lalu, (31/3), ditargetkan rampung hari ini. Tim pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan melakukan pengecoran fondasi  Tanggul Anies dan Tanggul Baswedan itu.

Koordinator lapangan pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Selatan Ahmad Rosadi Essay mengatakan, tanggul di  Jatipadang tersebut tergerus oleh air sungai. Sehingga mengakibatkan tiga RT di RW 06 Kampung Air Jatipadang mengalami banjir dengan ketinggian air hingga 1 meter.

“Upaya penanganan sekarang dilakukan pengecoran fondasi. Jadi, tanggul yang tergerus langsung dicor. Kemarin sementara pakai karung pasir dan kayu-kayu dolken,” ungkapnya kepada JawaPos.com di lokasi, Minggu (7/4).

Ditargetkan pengecoran fondasi Tanggul Baswedan rampung hari ini, Minggu (7/4). (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)

Esay mengungkapkan, ada dua tanggul yang rentan jebol di Kampung Air Jatipadang. Untuk Tanggul Baswedan kondisinya saat ini sudah kokoh. Tanggul yang sedang diperbaiki saat ini yaitu Tanggul Anis yang mengalami tergerus akibat arus deras Kali Pulo, Jatipadang saat hujan melanda.



“Pas Minggu kemarin, bawah turap fondasinya tidak kuat. Jadi, seluruh fondasi tanggul diperbaiki,” ujarnya.

Sebelumnya, tanggul di Jatipadang mengalami tergerus saat hujan deras Minggu (31/3) lalu. Akibatnya, permukiman warga di Kampung Air tergenang air mencapai satu meter. Puluhan jiwa pun mengungsi ke lokasi yang aman.

Lurah Jatipadang Noviant Wijanarko membenarkan bahwa rumah-rumah warga mengalami tergenang akibat tergerusnya tanggul.

Banjir pun disebabkan akibat luapan dari kali karena hujan deras melanda wilayah Jakarta Selatan. Akibatnya, sekitar 46 warga diungsikan ke masjid terdekat di Masjid Al Ridwan.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Wildan Ibnu Walid