Cegah Stunting lewat Demo Memasak, Ini Cara Kreatif Puskesmas Kendalsari

Cegah Stunting lewat Demo Memasak, Ini Cara Kreatif Puskesmas Kendalsari

KOTA MALANG – Stunting masih menjadi momok masalah pertumbuhan anak saat ini. Salah satu penyebabnya adalah tidak terpenuhinya gizi lengkap dalam makanan anak.

Jika dibiarkan, gizi yang kurang dapat menyebabkan anak tidak bisa tumbuh dengan tinggi atau berat badan yang semestinya. Berangkat dari masalah ini, Puskesmas mengajak ibu-ibu untuk memasak bersama setiap bulannya.

Para ibu yang memiliki balita terdeteksi stunting diajak membuat olahan makanan dan camilan sehat. Seperti nugget sayur hingga puding sehat. Sambil memasak, mereka juga di edukasi tentang kandungan bahan makananya.



“Ibu-ibu ini nanti membawa anaknya. Kami sediakan boneka dan mainan lain agar anak anteng. Sedangkan ibunya kami ajak belajar,” ujar Promkes Puskesmas Kendalsari, Nurul Kholifah.

Usai demo masak, para ibu dan balita dipersilakan mencicipi masakan tersebut. Tak lupa para ibu dan bayi juga membawa pulang biskuit dan makanan tambahan bayi yang telah di supply oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang

“Ini untuk membiasakan mereka membuat masakan yang sehat untuk perkembangan si kecil,” kata Kepala Puskesmas Kendalsari, drg. Satrindi Setyo Palupi.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Istimewa
Editor : Indra M