Cegah Stunting, Anak Lebih Butuh Protein Hewani Daripada Protein Nabati

Hal-hal Sederhana Ini Bisa Menghindarkan Anak Anda dari Stunting

KOTA MALANG – Hingga saat ini kondisi stunting (kekurangan tinggi badan) masih banyak terjadi, termasuk di Kota Malang. Hal ini disebabkan karena banyak anak di masyarakat Kota Malang yang kurang mendapatkan protein hewani pada asupan makanan sehari harinya.

“Jadi seperti yang sering kita dengar bahwa buah dan sayur adalah hal yang penting. Faktanya, tumbuh kembang anak sangat membutuhkan protein hewani daripada protein nabati,” papar ahli gizi Puskesmas Arjowinangun Mahmud Afandi S. St. Hal ini dikarenakan protein hewani lebih siap dikonsumsi oleh tubuh daripada protein nabati sehingga pengaruh tumbuh kembang anak-anak bergantung pada protein hewani.

Protein hewani yang siap dikonsumsi terkandung pada daging, daging ayam, ikan, telur, dan susu. Pada protein hewani itulah terdapat kandungan asam amino sebagai bahan dasar tumbuhnya anak-anak.

“Bukan tidak penting, namun porsi buah dan sayur harus lebih sedikit. Yang di perbanyak adalah lauknya untuk mencegah terjadinya stunting,” jelas Mahmud sapaan akrabnya. Sedangkan mindset yang tertanam pada masyarakat cenderung pada pengonsumsian sayur dan buah agar tumbuh kembang anak berjalan dengan baik.

Mahmud juga menjelaskan dalam satu hari, tubuh yang ada pada proses masa pertumbuhan setidaknya membutuhkan 21 gram protein. Dengan terpenuhinya jumlah protein dalam satu hari maka kurangnya pertumbuhan anak bisa ditekan hingga ke titik minimum.

“Pada anak usia nol sampai satu tahun pertama, pertumbuhan dalam satu bulan bisa sampai 5 sentimeter. Dan itupun jika asupan protein terpenuhi,” jelasnya. Mahmud menambahkan untuk usia di atas satu tahun ke atas pertumbuhan anak mulai menurun 2 sentimeter dengan kebutuhan protein yang terpenuhi.

“Jadi bukan buah dan sayur yang mampu mencegah kurangnya tinggi badan anak. Namun dengan mengonsumsi daging, daging ayam, ikan, telur, dan susu lah yang mencegah kekurangan tinggi badan,” tukasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Penyunting: Kholid Amrullah