Cegah Penyalahgunaan, KPU Kota Batu Bakar 17.167 Surat Suara

Pemusnahan 17.167 surat suara rusak dilakukan di pelataran KPU Kota Batu kemarin siang (26/6).

KOTA BATU – Sama seperti di daerah lain, KPU Kota Batu kemarin (26/6) juga melaksanakan pemusnahan terhadap surat suara yang rusak. Selain menjadi persiapan akhir jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018, langkah itu juga dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan penyalahgunaan. Ketua KPU Kota Batu Rochani mencatat, ada 17.167 surat suara rusak yang dimusnahkan.

Jumlah itu berasal dari dua pendistribusian surat suara. ”Jumlah surat suara yang rusak di kami terbanyak kedua se-Jatim setelah Jember,” kata Rochani.

Dia menambahkan, ada beberapa jenis kerusakan yang terjadi pada surat suara tersebut. Seperti foto calon gubernur yang tidak jelas hingga munculnya bercak tinta. ”Rata-rata kerusakannya memang seperti itu,” kata Rochani.

Perwakilan dari Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Batu turut hadir dalam pemusnahan surat suara tersebut.

Kesiapan lain juga ditunjukkan KPU Kota Batu. Rochani memastikan bila distribusi logistik untuk Pilgub 2018 sudah dipenuhi semua. Seperti pendistribusian 411 kotak suara untuk semua tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Batu.



”Perlengkapan lainnya yang dibutuhkan di TPS untuk besok (hari ini) juga sudah kami penuhi semua,” tambah dia. Dia pun berharap agar pelaksanaan Pilgub 2018 bisa berlangsung semarak dan angka golput bisa ditekan.

Pewarta: Moh Badar
Penyunting: Bayu Mulya
Foto: Darmono