Cegah Narkoba, Polehan Gelar Penyuluhan

MALANG KOTA – Penyuluhan penyalahgunaan Narkoba sangat dibutuhkan untuk mencegah generasi muda terjerumus menjadi gembong Narkoba.

Hal inilah yang dilakukan Lurah Polehan, Joko Nugroho setelah mengetahui bahwa di daerah Polehan telah menjadi salah satu tempat pengedaran Narkoba.

Kekhawatirannya ini diungkapkan Joko kepada Radar Malang Online, Selasa (20/6). Ia mengungkapkan bahwa generasi muda sekarang kopros akan nasionalisme.

Dalam penyuluhan ini Kelurahan Polehan mengundang AKBP Ir. Bambang Sugiharto M.Si selaku Ketua Badan Narkotika Nasional, dan juga perwakilan dari Bintara Tinggi Tata Usaha dan Urusan Dinas Administrasi (BATI TUUD) Koramil 03 Blimbing, Pelda Maniso. Serta warga Polehan yang diwakili tokoh masyarakat, tokoh agama, perwakilan generasi tua dan generasi muda.

Sementara itu, Bambang menjabarkan tugas-tugas BNN. Yaitu pencegahan, sosialisasi, rehabilitasi, dan juga penindak. Bambang juga mengungkapkan betapa pentingnya peran warga untuk melaporkan kegiatan yang berhubungan dengan Narkoba.

Bambang juga memiliki wacana untuk membangun kampung anti-Narkoba di Malang. “Masyarakat punya kewajiban untuk melaporkan. Laporkan secara diam-diam dengan data yang kuat,” tutupnya.

Acara sosialisasi tersebut dilanjutkan dengan penjelasan mengenai wawasan kebangsaan oleh perwakilan Koramil, Pelda Maniso. Ia menjelaskan bahwa mecintai bangsa ini harus diawali dengan pengetahuan akan wilayah Nusantara. Selain itu, generasi muda diminta untuk memiliki rasa rela berkorban, saling mendukung, memberikan kenyamanan dan informasi.

“Mohon kerjasama dari ketua RT, ketua RW, dan tokoh masyarakat dengan aparat penegak hukum untuk memajukan bangsa. Dan juga agar membentuk kenyamanan, keamanan, toleransi, dan juga mengamalkan Pancasila,” tutup Pelda Maniso.

Setelah penyuluhan oleh BNN dan Korwil, acara dilanjutkan dengan Tauziah oleh Ustadz Muhammad Ali yang ditutup dengan doa serta buka puasa bersama di Kantor Keluarahan Polehan.

Pewarta: Aldo Buntulobo
Penyunting: Lizya Oktavia
Foto: Aldo Buntulobo