Cegah Korupsi Proyek, Gandeng Tim Kejari

KOTA BATU – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu punya cara tersendiri dalam menekan praktik korupsi proyek. Menggandeng Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah, dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Batu, sejumlah pengecekan lapangan pun dilakukan. ”Hari ini (kemarin) kami juga melakukan tinjauan lapangan bersama dengan TP4D dan tim dari Polres Batu,” terang Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kota Batu Alfi Nurhidayat.

Pemantauan kemarin dilakukan di dua titik. Yakni di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Imam Bonjol. ”Kami monitoring pengerjaan, kami ingin pastikan agar semua sesuai bestek (aturan dan syarat-syarat pelaksanaan). Serta sesuai dengan kontrak awal (dengan pihak ketiga),” papar pria yang juga menjadi dosen Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu. Di tahun ini, total nilai proyek perbaikan jalan berkisar di angka Rp 13 miliar.

Di sisi lain, Kepala Seksi Intel Kejari Batu Deddy Agus Oktavio mengaku bila hasil pantauan di Jalan Dewi Sartika masih belum bisa diketahui. ”Kami harus menunggu hasil laboratorium terlebih dahulu,” terang dia. Uji laboratorium itu dilakukan untuk mengetahui sejumlah hal. ”Misalnya berapa ketebalan, kualitas, dan spesifikasinya. Itu sudah sesuai dengan kontrak apa belum,” tambah dia. Dia pun memprediksi bila hasil lab bisa keluar 12 November mendatang.

Pewarta: Aris Dwi
Copy editor: Amali
Penyunting: Bayu Mulya
Foto: Bayu Eka Novanto