Cegah Kejahatan, Sandi Klaim DKI Punya 7.143 CCTV Bantu Polisi

Cegah Kejahatan, Sandi Klaim DKI Punya 7.143 CCTV Bantu Polisi

JawaPos.com – Dalam upaya mengurangi tindak kriminalitas di Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memasang ribuan CCTV di beberapa titik ruas jalan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengakui upaya tersebut terbukti menurunkan angka kriminalitas, bahkan membantu aparat kepolisian dalam mencari dan menemukan pelaku kriminal.


“CCTV sudah ada 7.143 yang terintegrasi kamera CCTV pihak berwajib. Kami sering berkoordinasi dengan diskominfotik dan menggunakan data-data yang kami pilih. Jadi upaya ini sudah memberikan dampak positif bagi Pemprov maupun aparat keamanan,” tutur Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (3/7).

Menurutnya, CCTV sangat banyak kegunaannya jika dipergunakan secara maksimal. Bahkan, ribuan CCTV yang disampaikan Sandi telah terintegrasi di portal Jakarta Smart Cities. Sehingga, masyarakat dapat mengunduh langsung dan memantau juga keadaan Jakarta.

“Jumlah kejadian tawuran di wilayah Johar Baru sudah berkurang sejak dipasangnya kamera CCTV karena ada face recognition. Jadi, begitu Pak Lurahnya lihat mukanya ini anak bisa gampang dikejarnya,” jelasnya.

Maraknya penjambretan membuat Sandi geram, terlebih akhir-akhir ini baru terjadi kasus pencurian paksa di Cempaka Putih. Bahkan, korban sampai jatuh dari flyover dan meninggal dunia.

“Saya mengimbau agar hati-hati waspada perhatikan menggunakan barang-barang. Jangan pakai barang-barang yang mencolok dan menarik perhatian. Jangan berlebihan apalagi yang mengundang terjadinya kejahatan di ruang publik,” tandasnya.

(rgm/JPC)