Cegah Jalan Banjir, Kebut Drainase Sidomulyo

Perbaikan drainase di Desa Sidomulyo terus dikebut.

 

KOTA BATU – Pemerintah Kota (Pemkot) Batu terus memperbaiki infrastruktur agar warga dan wisatawan lebih nyaman. Salah satunya, perbaikan drainase di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Arief As Siddiq mengatakan, perbaikan drainase tersebut untuk mengurangi genangan air di jalan saat hujan. Sehingga, pengguna jalan bisa lebih nyaman dan aman saat melintas.

Sebab, drainase yang lama sudah tak muat untuk menampung air saat hujan. ”Daerah itu sering ada genangan air waktu hujan. Drainasenya sudah tak cukup (menampung air hujan, Red),” kata Arief saat dikonfirmasi, kemarin (26/4).

Menurut dia, perbaikan drainase tersebut atas usulan warga setempat ke DPUPR tahun lalu. Pihaknya pun mengamini usulan itu tahun ini. ”Mereka (warga) mengeluh saluran air sering meluber waktu hujan, jadi kami beri (anggaran) untuk perbaikan,” ucap alumnus STPDN itu.



Dia menambahkan, jumlah anggaran untuk perbaikan tersebut hanya Rp 170 juta. Jumlah ini diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batu. ”Drainasenya juga dilebarkan sampai 1 meter,” tambah Arief.

Sedangkan, hingga kemarin, perbaikan tersebut diperkirakan mencapai 60 persen. Pihaknya menargetkan, perbaikan ini selesai Mei mendatang.

Lantaran ada kendala cuaca di lapangan, proses perbaikan membutuhkan waktu relatif lama. ”Pengerjaannya harus tunggu cuaca bagus (tidak hujan) biar hasilnya maksimal,” tandas pria yang juga hobi trail itu.

Seperti diketahui, DPUPR tahun ini memang gencar membangun infrastruktur, terutama di jalan raya menuju tempat wisata di Kota Apel ini. Seperti perbaikan dan pelebaran Jalan Raya Tlekung, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo.

Jalan ini, sejak beberapa hari lalu, dilebarkan agar wisatawan yang menuju ke Jawa Timur Park Group lebih aman dan nyaman. Selain itu, untuk menjaga aspal, DPUPR melengkapi dengan bangunan drainase. Sehingga, saat musim hujan, air tak menggenangi aspal.

Pewarta: Dian Kristiana
Penyunting: Imam Nasrodin
Foto: Darmono