Cegah Diabetes, Perbanyak Salat Subuh ke Masjid!

MALANG KOTA – Ada solusi mudah bagi pasien atau seseorang yang ingin terhindar dari diabetes. Yakni, orang tersebut harus rajin salat Subuh berjamaah ke masjid. Kalau bisa, masjid yang dituju jauh dari rumah.

Hal tersebut disampaikan dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang (RS UMM) Dr dr Meddy Setiawan SpPD FINASIM. ”Karena olahraga itu tidak harus yang berat, tapi butuh konsisten saja,” kata pria yang juga dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.

Nah, dengan jamaah salat Subuh di pagi hari, menurut Meddy, seseorang bisa konsisten berolahraga. Asalkan, saat ke masjid berjalan kaki. ”Bagi yang sudah terkena diabetes juga wajib rutin olahraga seperti salat Subuh ke masjid. Dengan demikian, bisa terhindar dari komplikasi,” imbuh peraih spesialis dari Fakultas Kedokteran UB ini.

Menurut dia, untuk urusan penyakit dalam, diabetes dan hipertensi memang harus menjadi perhatian semua orang. Apalagi, tiga per empat pasien yang dia tangani setiap hari adalah pasien diabetes dan hipertensi. ”Sedangkan sisanya yakni seperempat persen penyakit lain,” imbuh peraih gelar doktor dari Universitas Airlangga ini.

Sedangkan untuk penanganan bagi diabetes dan hipertensi, yang selalu Meddy tekankan adalah edukasi kepada para pasien. Misalnya, pasien harus menjaga makan dan olahraga yang rutin. ”Nyemil juga tidak boleh berlebihan, karena cemilan seperti roti dan kue kadar gulanya tinggi, sedangkan kalau nasi merah itu bagus,” imbuhnya.

Sedangkan, mitos kalau penderita diabetes tidak boleh terlalu banyak minum obat untuk menghindari diabetes, menurut dia, hal tersebut kurang tepat. ”Karena pengobatan bagi diabetes harus terus agar tidak komplikasi, selain itu diabetes ini sifatnya adalah penyakit yang tidak mungkin sembuh seratus persen,” pungkasnya. (*/c1/riq)