Cedera Lutut Sembuh, Rafael Nadal Siap Meledak di US Open

JawaPos-Jelang tampil pada laga perdananya di grand slam Amerika Serikat (AS) Terbuka Selasa (27/8), Rafael Nadal mengirim sinyal waspada untuk lawan-lawannya. Juara AS Terbuka edisi 2010, 2013, dan 2017 itu mengaku siap tempur pasca istirahat penuh dalam dua minggu terakhir.

Pasca menjuarai Rogers Cup (11/8) petenis Spanyol itu memang hanya fokus untuk AS Terbuka. Dia sengaja absen dalam dua kompetisi yakni Cincinnati Masters dan Winston-Salem Open. Itu membuatnya datang ke New York dengan lebih bugar dibanding dua pesaing utamanya yakni Novak Djokovic dan Roger Federer yang masih tampil di Cincinnati.

Petenis yang sudah merebut tiga gelar sepanjang 2019 tersebut juga mengaku sudah melupakan catatan buruk yang dia buat pada AS Terbuka tahun lalu. Saat itu dia harus mundur di tengah laga semifinal melawan Juan Martin del Potro lantaran cedera lututnya kambuh.

“Feeling saya dengan kondisi lutut tahun ini jauh lebih baik,” ucap Nadal. Dia menambahkan, mimpi buruk di semifinal tahun lalu muncul karena dia bermain tiga sampai empat pertandingan sangat panjang sebelum semifinal.



Kini dia mengaku lututnya sudah lebih siap menghadapi kondisi terburuk. “Saat itu kondisi lututku tidak sebaik sekarang,” tambahnya.

Pada babak pertama, pemilik 18 gelar grand slam itu bakal menghadapi petenis Australia John Millman. Sebagai unggulan kedua, dia juga diuntungkan drawing dengan berada di sisi berlawanan dengan Djokovic dan Federer. Kesempatan bertemu dengan ranking satu dan tiga dunia itu hanya bisa terjadi jika Nadal lolos ke final.

Perjalanan Nadal musim ini sampai ke AS Terbuka memang cukup menjanjikan. Tiga trofi yang dia raih adalah dari Roma Masters, Rogers Cup, dan grand slam Prancis Terbuka.

Untuk Prancis Terbuka, tahun ini merupakan gelar ke-12 nya di ajang tersebut. Itu membuatnya masih berstatus sebagai raja tanah liat pada usia yang sudah menginjak 33 tahun. “Akhirnya, mari kita lihat apakah saya mampu melakukan yang terbaik di atas lapangan,” ucap Nadal dalam konfrensi pers kemarin.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : I’ied R. Rifadin