Catat! Satpas SIM dan SIM Keliling Libur Saat Lebaran

JawaPos.com – Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah tinggal menghitung hari. Masyarakat ibu kota pun sudah berbondong-bondong mudik ke kampung halamannya. Bahkan, gedung perkantoran sudah mulai meliburkan karyawannya sejak Jumat (31/5).

Tak terkecuali, pelayanan Satpas SIM di wilayah hukum Polda Metro Jaya hari ini terakhir beroperasi. Pelayanan SIM mulai dari pelayanan di Satpas Daan Mogot, Satpas wilayah DKI Jakarta, SIM keliling dan gerai SIM akan diliburkan. Sebab, selama masa libur lebaran, pelayanan perpanjang dan pembutan SIM akan diliburkan. Dimana hal tersebut dimulai dari besok, Sabtu (1/6).

Kepala Seksi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar mengatakan pelayanan baru akan normal lagi pada 10 Juni 2019 mendatang. Pada tanggal 30 Mei kemarin pelayanan juga tidak buka karena Hari Raya Kenaikan Isa Almasih.

“Pada tanggal 10 Juni 2019 pelayanan SIM di Satpas Daan Mogot, Satpas wilayah DKI Jakarta, SIM keliling dan gerai SIM dibuka sesuai jadwal,” kata Fahri saat dikonfirmasi, Jumat (31/5).

Dia menjelaskan, mereka yang masa pakai SIM-nya habis pada tanggal 1 sampai 9 Juni diberikan toleransi memperpanjang SIM-nya pada tanggal 10 Juni. Mereka diberi kelonggaran untuk tidak mengikuti mekanisme penerbitan SIM baru.

“Namun, bagi pemilik SIM yang habis masa berlakunya tanggal 1 sampai 9 Juni tidak melakukan perpanjangan sampai tanggal 18 Juni maka wajib mengikuti proses mekanisme penerbitan SIM baru sesuai golongannya,” pungkasnya.