Catat! Ini Jadwal Penukaran Uang Baru dari BI

Tempat penukaran uang baru

KOTA MALANG – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Bank Indonesia kembali membuka layanan penukaran uang baru menyambut Idul Fitri. pada periode kali ini, penukaran uang baru dibuka mulai 26 Mei hingga 2 Juni 2019.

Bank Indonesia akan melayani penukaran uang serentak melalui 72 titik outlet Bank Umum dan 49 titik outlet BPR di wilayah kerja Bank Indonesia Malang. Titik-titik wilayah kerja BI Malang yakni di Malang, Batu, Pasuruan dan Probolinggo. selain di kantor layanan keuangan, penukaran juga dilakukan melalui mobil kas keliling yang berjumlah 13 unit.

Dari jumlah 13 tersebut, 1 mobil milik Bank Indonesia, sedangkan 12 mobil lainnya adalah milik bank umum. Yakni BNI, BCA, BTN, CIMB Niaga, Permata Bank, Bank Muamalat, BPD Jatim, BPD Jatim Syariah, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, BRI, dan BRI Syariah.

“Adapun titik lokasi kas mobil Perbankan untuk penukaran bersama khususnya kepada Masyarakat di Kota Malang akan dilaksanakan di Gedung Kartini Jalan Tangkuban Perahu setiap pagi pukul 08.00 hingga selesai dan dilayani oleh 6 Bank Umum,” beber Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang, Azka Subhan.

Kantor Perwakilan BI Malang menghimbau masyarakat agar menukar uang di tempat-tempat penukaran resmi baik yang dilakukan oleh BI, perbankan maupun pihak lain yang ditunjuk oleh BI untuk menghindari risiko uang palsu dan kemungkinan selisih.



“Ya juga nggak tahu kenapa sampai sekarang banyak sekali yang membuka jasa tukar uang di depan Kantor BI lagi. Kayak seakan-akan tukernya di BI padahal nggak. Kita sudah koordinasikan dengan satpol PP dan satpam sebenarnya, tapi ya sudahlah. Kesadaran warganya saja,” sambung Azka.

BI juga menambahkan agar masyarakat selalu waspada dan berhati-hati dalam bertransaksi dengan menggunakan uang. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk selalu cermat dan teliti terhadap ciri keaslian uang Rupiah dan merawat Rupiah dengan baik melalui 5 JANGAN (Jangan Dicoret, Jangan Distepler, Jangan Diremas, Jangan Dibasahi dan Jangan Dilipat).

Pewarta: Rida Ayu
Foto: ilustrasi
Penyunting: Fia