Catat, 7 Gaya Hidup Sehat Bisa Mencegah Serangan Lupus

Catat, 7 Gaya Hidup Sehat Bisa Mencegah Serangan Lupus

JawaPos.com – Siapa saja bisa terserang penyakit lupus. Yang paling rentan terkena adalah perempuan karena adanya pengaruh hormon. Lupus Eritematosus Sistemik (LES) atau lebih dikenal dengan nama Systemic Lupus Erythematosus (SLE) merupakan penyakit autoimun (AI) yang dapat menyerang berbagai organ tubuh. Penyakit ini merupakan penyakit inflamasi kronik, dengan etiologi yang belum diketahui.

Pasien lupus seringkali mengeluh kelelahan. Sehingga pasien lupus tak boleh terlalu lelah, harus menghindari sinar matahari pada jam tertentu, dan tak boleh stres.

Untuk menghindari penyakit lupus, ada kiat-kiat tertentu untuk mencegahnya. Salah satunya dengan pola hidup sehat seperti yang dipaparkan Ketua Divisi Alergi Imunologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI, dalam konferensi pers, Rabu (9/5).

Pola Makan


Makanan tinggi kalori terbukti membuat sel-sel imun terkait lupus menjadi lebih aktif. Gluten, senyawa protein dari gandum, terbukti mencetuskan beberapa sindrom autoimunitas. Toksin, bahan kimia, pengawet, dan pewarna yang terkandung dalam makanan olahan diduga merusak DNA terkait AI.

“Bahan dari gluten, yakni tepung terigu atau gandum, oatmeal kurangi ya. Bisa merusak usus, bakteri mudah masuk ke dalam usus. Maka jika orang dengan lupus (Odapus) sudah tak boleh sama sekali makanan olahan, tak boleh pakai vetsin atau pengawet,” kata Iris.

Jauhi Rokok

Untuk mencegah penyakit lupus adalah dengan tidak merokok. Sebab lupus rentan paparan racun atau toksin dari asap rokok.

Cukup Tidur

Banyak pasien lupus mengeluh kelelahan dan nyeri sendi. Maka tidur 7 jam setiap malam wajib dipenuhi untuk mencegah penyakit lupus.

Sinar UV

Jangan terlalu sering berada di bawah paparan sinar matahari. Paling jahat ada di rentang pukul 10 hingga 16. Gunakan tabir surya SPF 30 saat ke luar rumah.

Hindari Infeksi

Pasien lupus biasanya demam. Demam adalah sebuah kondisi ketika tubuh melawan infeksi. Maka untuk mencegah lupus tentu hindari infeksi. Obat-obatan tertentu biasanya membuat pasien rentan infeksi. Rajin pula cuci tangan.

Kelola Stres

Jauhi stres. Sebab stres merupakan kunci datangnya penyakit. Apalagi pada pasien, stres justru memperburuk kondisi kualitas hidup.

Olahraga

Tentu berolahraga secara teratur baik untuk membuat tubuh selalu aktif bergerak. Jangan sampai mengalami nyeri sendi yang biasanya dikeluhkan pasien lupus di tahap awal.

(ika/ce1/JPC)