Cari Lawan Sepadan, Bidik Mutiara Hitam

KOTA BATU – Satu laga uji coba memang sudah dilalui Arema FC. Namun, sepertinya masih belum cukup untuk menjadi parameter kesiapan Dendi Santoso dkk mengarungi Liga 1 2020. Sebab, lawan yang dihadapi pada laga uji coba perdana itu adalah Bintan Semeru FC, atau tim yang levelnya masih jauh di bawah Arema FC.

Sebab, tim asal Malang Selatan itu rencananya baru akan mengikuti kompetisi Liga 3 tahun ini. Nah, untuk menguji kekuatan sebelum mengarungi kompetisi tahun ini, uji coba yang lebih serius masih dibutuhkan. Rencananya Arema membidik tim yang sepadan. Lawan yang dikehendaki tim yang berdiri sejak 11 Agustus 1987 itu adalah Persipura Jayapura.

Menurut Pelatih Arema FC Roberto Carlos Mario Gomez, uji coba dilakukan untuk melihat kualitas para pemain. Serta menjadi parameter untuk mengukur sejauh mana Hendro Siswanto cs menyerap program latihan yang telah diberikan. Apalagi, sejak 19–25 Januari, para penggawa Singo Edan telah melakukan traning center (TC) di Kusuma Agrowisata, Kota Batu.

Jadi, pelatih asal Argentina itu melanjutkan, untuk saat ini sudah waktunya para pemain dijajal untuk mengaplikasikan apa yang sudah diberikan selama latihan. ”Kami telah bekerja sangat keras, dan yang terpenting adalah memulai untuk bermain,” ungkap Gomez. Karena itu, sebelum Liga bergulir, butuh beberapa lagi laga uji coba lagi.

Salah satu lawan yang bakal dibidik untuk menjajal kekuatan sebelum kompetisi bergulir adalah Persipura Jayapura. Klub berjuluk Mutiara Hitam itu dianggap tepat menjadi lawan sepadan bagi Arema. Pasalnya, mulai hari Minggu (26/1) Boaz Solossa dkk juga bakal menggelar TC di Kota Batu.

”Mungkin akhir Januari kami akan bertanding dengan mereka (Persipura),” ungkap pelatih berusia 62 tahun itu. Gomez menyebut, saat ini memang butuh beberapa kali laga uji coba sebelum kompetisi bergulir. Namun, semua kepastian akan dilihat kembali sambil menunggu jadwal Liga 1 2020 bergulir.

”Semua berdasarkan kapan Liga dimulai. Setelah itu, baru kami tentukan apakah menggelar dua atau tiga pertandingan lagi untuk persiapan,” kata mantan pelatih Borneo FC itu. Bagi Gomez, langkah selama pre season kali ini sangat penting. ”Sangat penting keduanya (pre season dan friendly games),” kata dia.

Apalagi, Piala Presiden yang biasanya menjadi ajang pemanasan tim, kabarnya tahun ini tidak akan digelar. Sehingga, mau tidak mau persiapan hanya melalui latihan dan laga uji coba. Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Arema juga kerap menggelar uji coba sebelum kompetisi bergulir.

Seperti sebelum mengarungi Liga 1 2019 lalu, Arema menggelar dua kali laga uji coba dengan format home dan away melawan PSIS Semarang. Saat laga di Stadion Kanjuruhan, Arema menang 1-0 atas tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar tersebut. Namun, saat laga away di Stadion Moch. Soebroto Magelang, Singo Edan menyerah 0-2 dari PSIS Semarang.

Pewarta : Galuh Prasetyo
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro