Cara TikTok Cegah Perundungan di Platformnya

JawaPos.com – RADARMALANG.ID – Dalam rangka Hari Internet Aman Sedunia (Safer Internet Day) yang biasa diperingati pada 11 Februari, TikTok, platform video singkat yang kembali hangat di tanah air meluncurkan program terbaru. Program baru itu untuk panduan berinternet aman. Panduan tersebut adalah upaya antisipasi untuk mencegah bullying atau perundungan.

Mengutip hasil riset Polling Indonesia bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengatakan, ada sekitar 49 persen netizen yang pernah menjadi sasaran bullying di media sosial. Angka ini diperoleh dari hasil survei yang dilakukan kepada pengguna internet di Indonesia selama periode Maret hingga April 2019 lalu.

Data ini semakin menggambarkan bagaimana pentingnya para pengguna internet, khususnya anak muda, untuk melindungi diri dari cyber bullying.

Kembali ke TikTok, panduan antisipasi perundungan TikTok bekerjasama dengan Sudah Dong, sebuah gerakan dan komunitas anti-bullying. Panduan bertajuk ‘Sama Sama Aman, Sama Sama Nyaman’ untuk mengajak pengguna menciptakan lingkungan internet yang positif bagi semua kalangan penggunanya.

“TikTok menyediakan platform bagi siapapun untuk mengekspresikan kreativitasnya. Untuk itu, prioritas utama kami adalah memberikan lingkungan yang aman, di mana semua orang dapat merasa nyaman saat mengekspresikan dirinya secara terbuka dan kreatif,” kata Donny Eryastha, Head of Public Policy, TikTok Indonesia di Jakarta, Selasa (11/2).

Dia melanjutkan, lewat panduan ini, pengguna akan mendapatkan tips mengenai cara menghadapi cyber bullying secara umum. Selain itu, fitur-fitur keamanan di TikTok juga akan menjadi lapisan berikutnya bagi user agar tidak menjadi sasaran perundungan.

“Kami senang sekali dapat berkolaborasi dengan TikTok dalam kampanye ini, dan dapat memberikan kontribusi kami dalam menjaga kenyamanan pengguna TikTok yang memang didominasi oleh anak muda,” kata Katyana Wardhana, Pendiri Komunitas Sudah Dong dalam kesempatan yang sama.

Panduan ini memberikan informasi yang mudah dipahami, mengenai apa itu bullying, langkah apa yang perlu dilakukan jika menyaksikan aksi bullying, tips menggunakan internet dengan cerdas, dan juga berbagai fitur keamanan yang tersedia di dalam aplikasi TikTok untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penggunanya.

Sebagai informasi, Hari Internet Aman Sedunia atau Safer Internet Day pertama diadakan di tahun 2004 sebagai inisiatif dari EU SafeBorders dan kini dirayakan di sekitar 150 negara di seluruh dunia. Hari ini digunakan untuk menekankan penggunaan teknologi yang positif dan untuk mengeksplorasi peran semua pemangku kepentingan dalam menciptakan komunitas internet yang lebih baik dan lebih aman.

Panduan ‘Sama-Sama Aman, Sama-Sama Nyaman’ dapat diakses di website resmi Sudah Dong, mulai tanggal 11 Februari 2020 yang bertepatan dengan Hari Internet Aman Sedunia. TikTok juga bekerjasama dengan sejumlah kreator di TikTok untuk mengunggah video yang mengkampanyekan anti-cyber bullying dan dapat dilihat melalui tagar #samasamanyaman.