Cara Presiden Jokowi Peringati Sumpah Pemuda Bersama Kidz Zaman Now

Cara Presiden Jokowi Peringati Sumpah Pemuda Bersama Kidz Zaman Now
Presiden Joko Widodo saat peringatan Sumpah Pemuda di Istana Bogor. (Juneka Subaihul Mufid/ Jawa Pos)

Di halaman yang berumput hijau itu diletakan kasur bantal aneka warna. Anak-anak muda bebas duduk, selonjoran, atau berbaring menikmati suasana istana. Kebetulan langit sedang mendung.

Kursi-kursi taman ditata di beberapa sudut taman. Ada juga deretan food truck yang menyediakan kebab, jus, dim sum, hingga kopi. Semua gratis untuk para pengunjung yang mencapai ratusan orang itu.

Jokowi juga terlihat santai. Dia tampak menuju halaman dengan berjalan kaki. Lantas menemui deretan kambing yang sedang dikeluarkan dari kandang. Terlihat ada Menpora Imam Nahrawi, Menkominfo Rudiantara, dan Menteri Sekretariat Negara (, dan Menkopolhukam Wiranto.

Selanjutnya Jokowi bertemu dengan atlet bulu tangkis. Dia sempat berpasangan dengan Kevin Sanjaya melawan duet Marcus Gideon dan Gregoria Mariska. “Sudah 50 tahun saya tidak main,” celetuk Jokowi pada Susi Susanti yang turut menemani para atlet itu.

Jokowi lantas berkeliling dari satu lokasi pameran ke pameran yang lain. Dia berdialog dengan para anak muda. Selain itu, sempat ada pula dialog antara Jokowi dengan para pemuda tentang pendidikan.

Pada ujung dialog, dia sempat membacakan puisi karya Dewi “dee” Lestari berjudul sumpah abadi. Puisi itu seolah mewakili pesan Jokowi pada para pemuda masa kini. “Ketika pemuda bersumpah. Sumpah yang bukan hanya untuk dirinya melainkan tanah airnya,” ujar penghobi panahan itu. (jpk/jun/JPC)