Cara Mudah Investasi Biar Duit Gak Habis Buat Ngopi-ngopi

JawaPos.com – Traveling, nongkrong di kafe, ataupun icip-icip kopi yang lagi hype seolah menjadi bagian dari gaya hidup tak terpisahkan milenial. Selain untuk kepuasan diri, tak jarang anak muda melakukan itu semua demi eksistensi. Yap, apalagi kalau bukan buat posting di media sosial.

Nah, tak ada salahnya sih bersenang-senang selagi muda. Tapi, jangan lupa untuk menyisihkan dana untuk ditabung atau syukur-syukur diinvestasikan. Bicara soal investasi, mungkin ada sebagian milenial yang ingin menyisikan uangnya di instrumen investasi. Tetapi, kurang mengenal jenis-jenis instrumen investasi yang ada.

Baru-baru ini pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), mengeluarkan Surat Berharga Negara (SBN) yaitu Savings Bond Ritel (SRB) seri 008 (SBR008). Dikutip dari www.kemenkeu.go.id, Minggu (15/9), SBR merupakan salah satu instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia (WNI).

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan SBR008 akan digunakan untuk pembiayaan APBN 2019. Di antaranya untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Adapun kupon yang ditawarkan yaitu sebesar 7,2 persen pertahun, dengan bunga mengambang. Jangka waktu investasinya dua tahun, dengan pencairan awal pada tahun pertama maksimal 50 persen. Minimal pemesanan SBR008 ini yaitu Rp 1 juta, sedangkan maksimum pemesanannya Rp 3 miliar per investor.

Nah, masa penawaran SBR008 ini yakni dari tanggal 5 hingga 19 September 2019. Lalu, bagaimana caranya?

Untuk diketahui, dalam memasarkan SBR008 ini, pemerintah menggandeng 22 mitra distribusi (midis). Mereka antara lain TanamDuit, Bank Permata, CIMB Niaga, OCBC NISP, Bank Mandiri, Danareksa, BRI, BNI, serta InvesTree.

Selanjutnya ada Modalku, DBS, Mandiri Sekuritas, BTN, Panin Bank, dan TriMegah, Maybank, Bahana, Bareksa.com, BCA, Invisee, HSBC, serta UOB.

Beberapa waktu lalu, penulis mencoba salah satu midis yang memasarkan SBR008, yakni TanamDuit. Salah satu platform digital ini cukup membantu pemula yang ingin berinvestasi SBN.

Pertama, yang harus dilakukan adalah menginstal aplikasi TanamDuit. Setelah terpasang, user harus mengisi profil lengkap, terdiri dari data pribadi, keuangan, serta informasi bank.

Selanjutnya, setelah semua data dilengkapi, user akan melalui tahap verifikasi, dan mendapatkan nomor Single Investor Identification (SID). Nah, jika ingin membeli SBN, maka user harus membuka rekening surat berharga terlebih dahulu.

Proses ini akan berlangsung maksimal satu hari kerja. Setelah memiliki rekening surat berharga, barulah user bisa melakukan pemesanan SBR008. Sebagaimana aturannya, minimal pemesanan adalah Rp 1 juta.

Untuk pembayaran, platform ini menyediakan berbagai metode antara lain teller bank maupun ATM. Setelah pembayaran, calon investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order, serta akan memperoleh alokasi SBR008 pada tanggal penerbitan yakni 25 September 2019.

Setelah SBR008 ini, pemerintah masih akan menerbitkan SBN-SBN lain. So, jika ingin berpartisipasi membangun negeri, sembari investasi untuk masa depan, SBN ini bisa jadi salah satu pilihan ya, guys. Selamat berinvestasi!