Cangkrukan Bareng Jajaran Polda, Pesan Ini Cak Nun Bikin Adem

KABUPATEN – Tahun 2019 yang disebut sebagai tahun politik tak harus disambut dengan rasa cemas dan kekhawatiran bakal munculnya perpecahan. Optimisme harus tetap dibangun dengan merajut kebersamaan dan berbuat kebaikan.

Pesan itulah yang disampaikan Emha Ainun Najib atau akrab disapa Cak Nun dalam acara Cangkrukan bersama Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Luki Hermawan di Vila Pandi, Dusun Jetak Ngasri, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, kemarin siang (27/9).

Acara dihadiri Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, Kabid Propam Polda Jatim Kombes Pol Hendra W, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, Wakil Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur Ir Joko Sunarto, dan Administratur KPH Malang Errik Alberto. Para anggota Forum Pemuda Ora Terhormat Blas (FPOTB) dan para mahasiswa juga ikut hadir di acara tersebut.

Sebelum acara sinau bareng Cak Nun yang digelar tadi malam, siang harinya dilakukan aksi penanaman pohon di dekat vila dan juga di area wanawisata Bedengan, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Cak Nun menyambut baik acara yang diadakan oleh para generasi muda ini. Meski tidak ada yang menyuruh, tidak ada kewajiban, namun mereka mau melakukan aksi kebaikan.

”Itu yang membuat saya tidak pernah putus asa melihat Indonesia ini,” terangnya.

Cak Nun juga meminta masyarakat tak perlu cemas akan adanya perpecahan di tahun politik. Sekarang ini yang harus ditingkatkan adalah perbuatan yang bijaksana. Sebab, bijaksana itu mempersatukan.

”Kebijaksanaan itu mempersatukan, karena itu saya harap pemerintah juga harus berpikir bijaksana, agar semua dapat hidayah mempersatukan,” pungkasnya.

Pewarta : Aris Dwi Kuncoro
Editor : Amalia Safitri
Fotografer : Bayu Eka Novanta
Penyunting : Ahmad Yahya