Camping Ground pun Bisa di Coban Siuk

JABUNG – Tak mau kalah dengan Coban Jahe yang terus berbenah, Coban Siuk yang terletak di Desa Taji, Kecamatan Jabung, pun terus dikembangkan. Terdekat, coban yang memiliki ketinggian 120 meter tersebut bakal dilengkapi dengan fasilitas penunjang berupa gazebo.

”Karena di sini belum ada tempat yang layak untuk istirahat kalau ada wisatawan yang datang. Rencana akan kami bangun 10 (unit),” kata Supeno, koordinator wisata Coban Siuk, saat ditemui kemarin (10/9).

Dibanding dengan Coban Jahe, Supeno mengakui bahwa jumlah kunjungan wisata di Coban Siuk memang belum terlalu banyak. ”Tapi, kalau dibandingkan dulu dan sekarang sudah meningkat, kalau akhir pekan terutama,” ujar pria paro baya tersebut.

Selain dari sekitar Malang Raya, Supeno menuturkan bahwa belakangan Coban Siuk juga mulai didatangi turis mancanegara. ”Ada beberapa dari Inggris, Jepang, dan Malaysia. Kalau yang lokal ada dari Surabaya sama Blitar,” beber pria ramah tersebut.

Selain tempat wisata, Supeno menuturkan bahwa saat ini Coban Siuk juga sudah dilengkapi dengan camping ground. ”Jadi kalau yang mau berkemah juga bisa di sini,” katanya. Untuk akses, pengunjung tidak usah khawatir lagi jika ingin berkunjung. Sebab, akses menuju Coban Siuk kini sudah beraspal.



Bagi pengendara roda dua juga lebih mudah lagi karena bisa memarkir kendaraan lebih dekat dengan air terjun. Pengunjung pun tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Untuk dua orang dan satu kendaraan, pengunjung hanya dibanderol tiket masuk Rp 15 ribu.

Selain Coban Siuk, Supeno menuturkan bahwa masih ada 84 air terjun di sekitar Desa Taji yang masih belum dikelola secara maksimal. Dia berharap ke depannya, baik pemerintah maupun swasta, bisa membantu warga untuk mengelola potensi tersebut.

Pewarta : Farik Fajarwati
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Abdul Muntholib