Cabor Pertama di PIONIR IX, Lempar Pisau Tidak Kalah Seru dengan Pertandingan Lainya

Cabang olahraga lempar pisau di PIONIR IX

KOTA BATU – Lempar Pisau yang merupakan Cabang Olahraga (Cabor) baru di Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) IX hari ini telah usai. Walaupun terbilang memiliki jumlah atlet yang hanya berjumlah 23 peserta namun keseruan lomba lempar pisau tak kalah dengan pertandingan PIONIR IX lainya.

“Ada yang sampai sujud syukur saat merayakan kemenangannya. Tentu hal ini menjadi pemicu tersendiri dari kami,” jelas Hadi Nurdi Hamzah M.PdI penanggung jawab lomba lempar pisau. Terlebih ketika melihat pemenang juara pertama yang melakukan sujud syukur begitu lama ketika dia berhasil menancapkan ketiga pisaunya di poin tertinggi.

Hadi menerangkan pada pertandingan lempar pisau tersebut peserta diharuskan bisa menancapkan pisau jasat dalam jarak 3 meter pada papan kayu panjang. Papan kayu tersebut diberikan warna yang berbeda dengan rincian kuning warna teratas mendapatkan 5 poin, hijau warna bagian tengah mendapatkan 3 poin, dan warna merah mendapatkan 1 poin.

“Hal ini juga diawasi secara langsung oleh TNI AD karena kami sangat menjaga keamanan peserta maupun audience,” jelas Hadi. Ia juga berharap lomba lempar pisau ini ke depannya bisa kembali dimasukkan cabor pada PIONIR tahun depan.

Sementara itu hasil pertandingan cabor lempar pisau putra perolehan juara pertama diraih oleh Rian Hidayat mahasiswa IAIN Metro Lampung, juara kedua diraih oleh Arfa Gusnedi mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau, dan juara ketiga diraih oleh Aidil Hikam Hasibuan mahasiswa UIN Sumatera Utara Medan.



Sedangkan untuk juara lempar pisau putri peringkat pertama diraih oleh Anggi Taqyyah mahasiswa STAIN Bengkalis, peringkat kedua diraih oleh Pundi Restu Lulul Hakiki mahasiswa IAIN Metro Lampung, dan peringkat ketiga diraih oleh Kholisoh mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Pewarta : Choirul Anwar
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto : Choirul Anwar