JawaPos.com – Thalib panik, truk molen bermuatan adukan semen yang dibawanya, dilarikan orang tak dikenal. Apalagi mendapati kendaraan yang menjadi tanggungjawabnya tersebut masuk parit Tokaya Jalan Purnama II Kecamatan Pontianak Selatan, Rabu (5/12) sekira pukul 11.15 WIB.

Awalnya sekitar pukul 11.00 WIB Thalib memarkirkan truk molen dalam kondisi mesin masih menyala tersebut di suatu proyek pembangunan jalan tak jauh dari lokasi kejadian. Tepatnya di depan Gang Warga Jalan Purnama II.

Menunggu pikap menyalin adukan semen, ia minum bersama rekannya di lokasi tak jauh dari truk molen diparkirkan. Sampai pengawas memerintahkanya untuk masuk menghamparkan semen yang dibawanya.

“Tiba-tiba saja setelahnya ada orang yang tidak dikenal masuk dalam mobil. Saya pun terkejut dan sempat melakukan pengejaran kepada pelaku,” kata Thalib, dikutip dari Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group), Kamis (6/12).

Ia pun meminta tolong warga. Ia membonceng warga menggunakan sepeda motor, hingga akhirnya berhasil menyusul truk tersebut.

“Pelaku sempat mencabut kunci, dan membanting setir ke pinggir jalan, lalu keluar dari mobil,” ucap Thalib.

Walau berhasil diamankan, tak lama truk milik PT Citra Mndiri Rekayasa itu amblas dan masuk ke parit Tokaya.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Kota Baru Polsek Pontianak Selatan Aipda Erwansyah menerangkan, kejadian truk molen nyungsep tersebut terjadi sekira pukul 11.15 WIB.

“Informasi itu kami dapatkan dari masyarakat,” ucapnya.

Berangkat dari informasi tersebut dirinya langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP). Saat itu pelaku masih terjebak di dalam truk molen. Bersama warga, polisi mengeluarkan pelaku.

“Selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara, guna mendapatkan pertolongan,” jelasnya.

Menurut informasi warga yang diterimanya, tanpa sepengetahuan sopir, truk molen tersebut dilarikan orang dengan gangguan jiwa. Truk sempat dibawa pelaku hingga persimpangan Jalan Harapan Jaya, sebelum akhirnya ditemukan masuk parit.

Hingga berita ini diturunkan, pihak kepolisian belum mendapatkan identitas. Pelaku saat itu masih mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Berdasarkan keterangan warga, pelaku dua hari lalu sudah sering berkeliaran di Jalan Purnama II. “Menurut keterangan warga sebelum melarikan mobil ini, infonya malam sebelumnya dia (pelaku) juga merusak salah satu Surau di Jalan Purnama 1,” ucap Erwansyah.

Senada, Kasat Lantas Polresta Pontianak Kompol Syarifah Salbiah mengatakan, pihaknya belum mendapatkan identitas pelaku. Pasalnya, pelaku belum bisa diajak berbicara.

“Tidak ada luka apapun yang dialami pelaku akibat kejadian tersebut,” jelas Salbiah.

(jpg/est/JPC)