Buwas Lebih Berpeluang Jadi Menteri ketimbang ASN Kementan

Buwas Lebih Berpeluang Jadi Menteri ketimbang ASN Kementan - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA – Kans Direktur Bulog Budi Waseso dinilai cocok untuk jabatan Menteri Pertanian dibanding dari pegawai internal institusi tersebut. Sepak terjang sosok yang kerap disapa Buwas ini dinilai mampu untuk mengangkat kedaulatan pangan negara. 

“Apa ada Dirjen di Pertanian yang diangkat jadi Menteri Pertanian? Sejauh ini setau saya belum pernah. Pertanian itu sektor yang sangat strategis, pasti presiden akan ambil dari masukan banyak pihak,” kata pengamat pemerintahan M Mas’ud Said dalam keterangan yang diterima, Kamis (22/5). 

Pria yang juga Direktur Pascasarjana Unisma Malang ini menilai kecil kemungkinan Aparatur Sipil Negara (ASN) berkesempatan menjadi menteri, meski sudah setingkat dirjen dan paham betul seluk beluk kementerian.

Biasanya, kata dia, menteri yang berasal dari internal adalah di Kementerian Luar Negeri. Sedangkan untuk Kementerian Pertanian, dia menilai hal itu sulit terjadi.

“Selama ini Dirjen itu hidup dalam bayang-bayang menterinya baik secara media coverage maupun dalam politik. Karena semua akhirnya mempertimbangkan faktor kontribusi politik maka agak kecil kemungkinan Direktur atau Dirjen menjadi menteri, apalagi biasanya mereka selalu diminta netral dalam pemilihan umum,” jelas Mas’ud.

Di sisi lain, dia menilai antrean orang yang menginginkan posisi menteri di Kabinet Jokowi – Maruf bakal semakin panjang. Antara lain faktor NU yang menunjukkan kemenangan di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tidak bisa dipungkiri faktor NU menentukan kemenangan Jokowi – Ma’ruf Amin. 

Juga, Kiai Maruf Amin adalah tokoh tertinggi, sehingga dapat diduga NU akan dapat porsi besar. Apalagi terlihat Muhammadiyah tak begitu dekat pada pilpres kali ini dan seakan-akan netral.

Namun, diyakini, pertimbangan profesional, pertimbangan kontribusi politik, dan pemanggilan orang orang yang memiliki reputasi sebagai eksekutor di bidangnya akan menjadi pertimbangan oleh presiden.