Butuh Uang untuk Ngopi dan Ngerokok, Curi Helm di Mall

Butuh Uang untuk Ngopi dan Ngerokok, Curi Helm di Mall

SURABAYA – Aksi pencurian helm yang dilakukan Joko Nugroho,39, warga Jalan Sumber Mulyo II/12 Gundih, Bubutan di parkiran Royal Plaza Minggu sore (7/1) gagal total. Masalahnya baru saja mengambil helm milik Lia Oktaviani, 24, warga Jalan Kutisari Indah Selatan 4/21 Tenggilis dan Surya Saputra Rahmadani,16, warga Jalan Kalibokor 1 Stail Nomor 37, dia sudah diintai sekuriti. Akibatnya tersangka ditangkap saat akan kabur.
Kasus pencurian itu terjadi Minggu sekitar pukul 17.00. Awalnya kedua korban datang ke parkiran mall sekitar pukul 16.30. Setelah itu, motor diparkir di parkiran LG Royal Plaza. Sedangkan helm korban ditaruh di atas spion.
“Korban masuk ke mall. Dan tersangka saat itu sudah berada di parkiran memantau helm korban,” kata Kapolsek Wonokromo Kompol I Gede Suartika, Rabu (10/1).
Gede menambahkan, ketika kondisi aman, pelaku beraksi dengan pura-pura menduduki motor terlebih dahulu. Setelah aman, kedua helm yang ditaruh di dua motor berbeda langsung diambil.
“Usai mengambil helm, tersangka keluar dengan naik motor. Namun belum sampai pintu keluar, tersangka diberhentikan dan ditangkap sekuriti,” ujar perwira menengah dengan satu melati di pundaknya itu.
Gede mengungkapkan, tak lama setelah pelaku ditangkap, korban keluar dan diberitahu satpam lain jika helmnya diambil pelaku. 
Kanit Reskrim Polsek Wonokromo Iptu Ristitanto mengatakan, saat dilakukan pemeriksaan di kantor, tersangka mengaku baru satu kali mencuri helm.
“Pengakuannya hanya satu kali di Royal dan satu kali parkiran toko,  Namun masih kami kembangkan,” ujar Ristitanto.
Tersangka mengaku nekat mencuri helm karena butuh uang untuk mencukupi kehidupan keluarga. Selain itu untuk beli rokok dan minum kopi.
Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti berupa satu helm merek KYT warna merah dan satu buah helm merek INK warna pink.
“Tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya maksimal tujuh tahun kurungan penjara,” tandasnya.(rus/no)