Butuh 10 Tahun untuk Denuklirisasi Korut

Butuh 10 Tahun untuk Denuklirisasi Korut

Media negara menyebutkan, senjata nuklir Korea Utara (Korut) sebagai pedang keadilan yang berharga. Bagi Kim Jong Un, menyerahkan senjata nuklir sepenuhnya berarti akan terjadi pembalikan dramatis bagi seorang pemimpin otoriter.

Selain mempertaruhkan keamanan pada senjata nuklirnya juga akan menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk merayakan resminya senjata tersebut sebagai bagian integral dari legitimasi dan kekuasaan rezimnya secara terbuka seperti dilansir Reuters, Rabu, (28/3).

Utusan Korea Selatan (Korsel) yang bertemu Kim di Pyongyang awal bulan ini mengutip perkataan Kim Jong Un yang akan berkomitmen mengenai denuklirisasi dan keinginannya untuk bertemu Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Para pejabat Tiongkok yang bertemu Kim di Beijing minggu ini juga mengatakan bahwa ia melakukan komitmen denuklirisasi. Namun media Pemerintah Korut tidak menyebutkan masalah nuklir pada pertemuan tersebut.

Tidak adanya konfirmasi publik dari Pyongyang, para analis nersikap skeptis bahwa Kim Jong Un akan menyerahkan senjata nuklir yang telah ia kembangkan selama puluhan tahun bersama keluarganya secara tiba-tiba.



Tetapi kemudian seorang ahli kepemimpinan Korut di Johns Hopkins University 38 melalui sebuah situs web manyatakan, Kim Jong Un tidak perli menjual apapun kepada penduduk Korut. Denuklirisasi adalah proses yang akan membutuhkan waktu setidaknya 10 tahun untuk menjadikannya realistis.


(trz/JPC)