Busi Jadi Pemicu Kebakaran Pertamini

AMPELGADING – Noda setitik rusak susu sebelangga, hanya karena percikan listrik, satu rumah ludes terbakar. Mungkin kalimat ini yang tepat untuk menggambarkan kejadian nahas yang dialami Budiono, warga Desa Lebak Harjo Kecamatan Ampelgading kemarin (2/3) siang. Bagaimana tidak, diduga hanya karena percikan listrik dari busi sepeda motor menjadi pemicu kebakaran.

Saksi mata Yudi Suliswanto menuturkan, kejadian ini bermula saat Daono (50) warga Desa Lebakharjo Kecamatan Ampelgading, melintas di lokasi kejadian. Saat itu, pada bagian busi kendaraan mengeluarkan percikan listrik.

Spontan, Daono berhenti dan turun dari kendaraan. Tidak lama kemudian sepeda motor yang dikendarai mengeluarkan api. ”Karena panik dia berupaya untuk memadamkan api menggunakan air selokan yang tidak jauh dari lokasi,” terang Yudi kemarin (2/3).

Namun upaya yang dilakukan Daono sepertinya muspro, api justru semakin besar. Dalam sekejap api kian menjadi, sebab menyambar pertamini yang ada disebelah motor yang terbakar tersebut. Tidak hanya itu saja, toko serta counter milik Budiono turut terbakar.

Beruntung saat kejadian Budiono beserta keluarga sedang berada di halaman, karena sedang merenovasi rumah. Sehingga bisa menyelamatkan diri. ”Daono mengalami luka ringan, yakni terbakar di bagian kedua kaki serta tangan sebelah kanan, dan sudah mendapatkan perawatan medis,” sambung Mudji Utomo Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang.

Utomo menambahkan, warga yang mengetahui insiden kebakaran ini berupaya untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tim gabungan dari PMI, BPBD, serta beberapa relawan yang datang kelokasi turut membantu memadamkan sijago merah. Akibat insiden ini, diperkirakan kerugian mencapai Rp 100 juta. ”Api baru bisa dipadamkan sekitar satu jam setelah kejadian,” imbuhnya.

Terpisah Kapolsek Ampelgading AKP Trianto menuturkan, hingga kemarin malam polisi masih menelusuri penyebab pasti dari kebakaran. Ketika ditanyakan terkait kemungkinan dari percikan listrik dari busi sepeda motor yang mogok.

Dia menjawab jika kemungkinan itu bisa saja terjadi, hal ini juga dikuatkan dari keterangan beberapa saksi yang dimintai keteranagn dan membenarkan dugaan tersebut. ”Diduga karena percikan listrik pada busi sepeda motor yang mengakibatkan kebakaran, namun saat ini anggota masih di TKP untuk memastikan,” pungkasnya. (pit)

Foto : PMI Kabupaten Malang For Radar Kanjuruhan