Bupati Malang Sanusi, Cari Wakil. Ada Usul?

KABUPATEN MALANG – Drs HM Sanusi MM resmi menjadi Bupati Malang definitif terhitung sejak Selasa, (17/9).

Pria domisili Gondanglegi, Kabupaten Malang ini mengaku dapat mandat langsung dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Pawaransa untuk segera menentukan Wakilnya untuk mengarungi sisa masa jabatan 2016-2021.

“Bu Khofifah minta Wakil Bupati untuk segera diisi, nanti dewan (DPRD Kabupaten Malang) yang mengajukan,” tutur pria yang akrab disapa Abah ini.

Sanusi menyatakan penunjukan Wakil Bupati ini sudah masuk domain DPRD Kabupaten Malang dan partai pengusung. “Partai pengusung segera bikin usulan ke dewan, dari dewan, paripurna untuk memilih siapa lalu diajukan ke Gubernur,” tambahnya.

Usai disetujui Gubernur Jawa Timur, usulan baru bisa dilanjutkan ke Menteri Dalam Negeri. “Mendagri nanti yang mengesahkan dan memutuskan,” tutupnya.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Selasa, (17/9) kemarin usai melantik di Gedung Grahadi Surabaya juga memberikan pekerjaan rumah untuk Sanusi agar melakukan south-south collaboration yang diharapkan mampu menaikkan nilai kawasan selatan yang dinilai punya tendensi wilayah yang kurang maju dibanding wilayah timur.

“Ketimpangan di wilayah selatan Malang. Bukan hanya di Malang saja, tapi di seluruh dunia, memang identik dengan wilayah yang tertinggal, maka dari itu tugas baru untuk memajukan wilayah Selatan Malang,” tegas Khofifah.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting: Fia