Bupati Malang : Pendapa Agung Tidak Akan Dijual

KABUPATEN MALANG – Wacana alih fungsi Pendopo Agung Kabupaten Malang yang gaungnya menguat beberapa bulan silam bakal dialihfungsikan menjadi hotel atau tempat penginapan dibantah keras oleh Bupati Malang, HM Sanusi.

Menurutnya, Pendopo Agung Kabupaten Malang yang ada di Jalan Agus Salim, Kota Malang itu sampai kapanpun tidak akan bisa dijual.

“Sampai kapan pun tidak akan bisa dijual itu. Cagar budaya soalnya, ada perdanya,” paparnya dalam acara Bincang Santai awak media dengan Bupati Malang, Kamis, (17/10).

Dalam acara, Sanusi yang mengaku sengaja mengadakan acara karena belum pernah bertemu dengan awak media sejak dirinya dilantik jadi Bupati pun menyampaikan visi misinya kedepan dan membenarkan beberapa kesalahpahaman yang selama ini beredar.

Pendopo Agung Kabupaten Malang yang usianya lebih tua dari Pendopo atau Keraton Ambarukmo Jogjakarta itu ditegaskan Sanusi tidak bakal dilepas kepada pihak ketiga ataupun dijual. Terkait alih fungsi dari tempat kediaman para Bupati Malang dan perkantoran pemerintahan menjadi area komersial menurutnya informasi yang salah.

“Selama saya jadi Bupati, saya pastikan tidak ada aset yang terjual. Malah aset-aset yang selama ini jadi isu akan kita jelaskan statusnya,” tukasnya.

Namun, info Pendopo Kabupaten Malang dan Rumah Dinas Bupati Malang yang ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya itu benar. Meski merupakan aset Pemerintah Kabupaten Malang, penetapan cagar budaya dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang karena lokasinya yang berada di Kota Malang, yakni di Jalan Agus Salim.

“Ngomong-ngomong soal cagar budaya, tahun 2016 sebenarnya Kabupaten Malang sudah menetapkan terkait cagar budaya,” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Malang, Agung Buana menyatakan penetapan pendopo dan rumah dinas bupati sebagai bangunan cagar budaya bakal dilakukan tahun ini. Hal ini urgen untuk melestarikan bangunan yang memang menyimpan nilai sejarah.

Pendopo dan Rumah Dinas Bupati Malang itu dinilai masuk dalam kriteria cagar budaya sesuai undang-undang dan Perda Cagar Budaya dan tahun ini masuk agenda penetapan cagar budaya

Pewarta : Elfran Vido
Foto : Elfran Vido