Bunda, Meski Menyusui Tetap Bisa Berpuasa Lho

Selain Menyusui, Ternyata Berat Badan Bisa Pengaruhi Ukuran Payudara | JawaPos.com

KOTA MALANG – Bulan suci Ramadan merupakan sebuah momentum yang paling ditunggu oleh seluruh umat muslim. Namun tidak semua orang akhirnya bisa ikut berpuasa khususnya para ibu menyusui yang diwajibkan menjaga nutrisi ASI demi tumbuh kembang sang buah hati.

Dikonfirmasi oleh radarmalang.id, Kepala Puskesmas Arjowinangun Camelia Finda mengungkapkan bahwa terdapat beberapa tips untuk menjaga nutrisi ASI saat berpuasa sehingga wanita muslim yang menyusui masih mampu menjaga ibadah puasa. “Yang diperhatikan itu kandungan makanan yang dikonsumsi. Selama takaran kandungan sesuai dengan kebutuhan maka ibu menyusui masih bisa berpuasa,” ungkapnya.

Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa Lia itu menerangkan ibu menyusui cenderung menggunakan cairan tubuh dua kali lipat lebih besar daripada orang normal sehingga sebelum sahur disarankan untuk meminum air sebanyak dua gelas. Kemudian setelah sahur ibu menyusui bisa mengkonsumsi susu sapi dan beberapa butir kurma.

“Kurma sendiri memiliki kandungan yang dibutuhkan ibu menyusui. Diantaranya Kalori yang cukup tinggi, lemak yang rendah karbohidrat, dan protein,” imbuh Lia.

Sementara untuk berbuka, ibu meyusui bisa memakan berbagai jenis makanan. Namun Lia menyarankan agar sebisa mungkin menghindari minuman dingin.



Pewarta : Choirul Anwar
Foto: ilustrasi
Penyunting: Fia