Bulan Depan, Dishub Surabaya Buka Dua Lahan Parkir Baru

Bulan Depan, Dishub Surabaya Buka Dua Lahan Parkir Baru

JawaPos.com – Dinas Perhubungan Surabaya akan membuka dua lahan park and ride baru. Ini dilakukan sebagai upaya untuk menertibkan parkir liar yang selama ini kerap terjadi.

Lokasi Lahan parkir baru tersebut, berada di jalan Adityawarman dan Arif Rahman Hakim. Dua lahan parkir itu, akan mulai terbuka untuk umum bulan depan.

Kepala Dinas Perhubungan Surabaya, Irvan Wahyudrajad mengatakan, lahan parkir tersebut terbuka untuk kendaraan roda empat (R4), roda dua (R2) dan sepeda. Kapasitas lahan parkir di Jalan Adityawarman itu dapat menampung sebanyak 170 kendaraan. Dengan rincian, 60 R4 dan 110 unit untuk R2.

Sementara itu, Irvan belum memastikan kapasitas park and ride di Jalan Arif Rahman Hakim. Karena, saat ini masih dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum Surabaya.

“Minggu depan akan kami soft launching atau uji coba dahulu. Karena, belum ada marka yang dipasang. Tapi kami pastikan bulan ini selesai (bulan depan mulai dioperasikan),” kata Irvan kepada JawaPos.com, Senin (9/7).

Soal tarif, Irvan belum memastikan apakah akan tetap atau progresif. Dia memperkirakan, kendaraan roda empat akan dikenai tarif Rp 5 ribu untuk roda empat, Rp 2 ribu untuk roda dua dan parkir gratis untuk sepeda. Selain itu, Park and ride baru baru tahap awal.

Selanjutnya, dia lahan parkir itu akan di-upgrade menjadi gedung parkir. Rencananya, untuk mengantisipasi atau menampung kendaraan saat penambahan rute bus Suroboyo dari Surabaya Barat ke Timur.

“Selain itu, sambil menunggu trem untuk rute Surabaya Utara ke Selatan dan LRT-nya jadi,” jelas Irvan.

Ketua UPTD Tempat Parkir Khusus, Heri Setyawan mengatakan, lahan parkir itu tidak hanya untuk memfasilitasi warga Surabaya yang ingin mengakses transportasi publik. Tujuannya lainnya, untuk meminimalisir parkir off street.

Mengingat, Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 2018 sudah dilaksanakan. Sehingga, pengendara kendaraan yang parkir sembarangan akan diderek dan didenda sebesar Rp 500 ribu.

“Kalau parkir di lahan parkir itu, jelas jaminan keamananya. Bayarnya juga pakai mesin parkir. Ada juga petugas yang berjaga,” kata Heri.

(HDR/JPC)