Bukber Napi dan Keluarga di Lapas Lowokwaru Bikin Haru

MALANG KOTA – Ada suasana yang berbeda di Lapas kelas I Lowokwaru Selasa sore (22/5). Pasalnya, lebih dari 200 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di pondok pesantren yang ada di dalam lapas mendapatkan kesempatan khusus untuk merasakan kembali hangatnya berbuka puasa bersama keluarga di bulan Ramadan.

Kebahagian tak terbendung dari masing-masing keluarga. Nampak pasangan suami istri memeluk anaknya. Ada seorang istri yang terlihat memcium sang suami di antara keluarga lainnya seolah untuk melepaskan kerinduan yang mendalam.

“Ini suasana yang ini, permohonan maaf, saling menghargai,” jelas Farid Junaedi Kepala Lapas Kelas I Lowokwaru, Malang.
Dia mengatakan, kegiatan buka bersama di Lapas Kelas I Lowokwaru ini merupakan yang pertama kali dalam sejarahnya. Ia juga berharap selain bisa meminimalisir hal-hal negatif, juga untuk menyambungkan silaturahmi keluarga.

“Baru pertama kali memang, karena saya kepingin meski mereka di sini, ada hal-hal yang putus ketika bulan puasa bisa nyambung lagi dengan buka piasa bersama. Saya berharap tidak ada yanng putus meskipun ada di dalam sini (lapas),” jelasnya

Ia juga menambahkan, jika kegiatan ini merupakan sebuah penghargaan bagi narapidana yang memang mempunyai keinginan untuk lebih baik, khusunya di pondok pesantren yang ada di lapas.



Dalam waktu dekat, kegiatan seperti ini akan dilakukan secara menyeluruh. Karenanya, Farid juga ingin menilai dari sisi keamanan untuk bisa dilakukan evaluasi. “Saya bisa mengevaluasi hal hal apa yang harus saya siapkan untuk nanti lebaran. Bisa mengetahui kekurangan kekurangan,” tutupnya.

Pewarta: Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Feni Yusnia