Bukan Tiga Indomaret, Tapi Lima Indomaret yang Hampir Terkena SP III Satpol PP

Satpol PP Pemkot Malang melakukan sidak di sejumlah Indomaret

KOTA MALANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang, tidak hanya menemukan tiga Indomaret baru yang dianggap melanggar peraturan perizinan pembangunan toko modern, tapi ada lima Indomaret baru di Kota Malang lagi yang mengabaikan peraturan dan hampir terkena Surat Peringatan (SP) III.

Hal itu diketahui dari pernyataan kepala Satpol PP Priyadi saat ditemui radarmalang.id, Selasa (23/7).
“Tiga Indomaret itu ya masih kita proses, tapi lima Indomaret yang hari ini kita panggil untuk menunjukkan surat izinnya ke kita sebelum SP III,” tuturnya.

Kelima Indomaret tersebut berada di Jl. Bunga Coklat, apartement Soekarno Hatta no. 5, Jl Teluk Grajakan, Jl. Sigura-gura Barat dan Jl. Tebo Utara, Kota Malang.

Selanjutnya, lanjut Priyadi, lima kepala toko modern tersebut diundang datang ke kantor Satpol PP untuk melengkapi berkas-berkas izin yang kurang tersebut, seperti Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) dan perkara izin reklamenya. “Mereka datang hari ini untuk melengkapi berkas tersebut,” kata Priyadi.

Secara terpisah, Kasi Penyelidikan Satpol PP kota Malang, Nanang Taufiq Hidayat mengatakan, kelima kepala Indomaret tersebut datang membawa kekurangan surat perizinannya.



“Sudah datang ke sini semua membawa kekurangan surat perizinannya dan mereka tidak terkena undangan Tindakan Pidana Ringan (Tipiring),” tutur Nanang ke radarmalang.id.

Sementara itu, lanjut Nanang, tiga Indomaret, yakni Jl. Mayjend Sungkono dan Jl. S. Supriadi dan Jl. Raden Intan yang diberitakan radarmalang.id terkait surat perizinan yang tidak lengkap sebelumnya, masih dalam proses pengecekan kembali surat perizinannya dalam operasi gabungan Satpol PP, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan Korwas PPNS.

“Kita temukan tadi yang Jl. S. Supriadi dan Jl. Mayjend Sungkono ada One Single Submission (OSS)nya sudah ada tapi izin lingkungannya belum ada. Kalau (Indomaret) Jl. Raden Intan belum kita datangi ini kita cek dulu,” ujar Nanang usai operasi gabungan, Selasa (23/7).

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Laoh Mahfud