Bukan Teroris, 32 Orang yang Diamankan Densus 88 Diberi Pendampingan

Bukan Teroris, 32 Orang yang Diamankan Densus 88 Diberi Pendampingan

JawaPos.com – Beberapa hari belakangan Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri bersama jajaran Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) meringkus sejumlah orang yang terduga teroris. Namun dari 34 yang ditangkap, hanya 2 orang yang dipastikan sebagai tersangka terorisme. Sisanya hanya terpapar dan diberikan pendampingan untuk pemulihan.

Penegasan itu dikemukakan oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Dia menerangkan,  dari 34 orang yang diamankan oleh Densus 88 bersama Polda Kalteng, hanya 2 orang yang masuk dalam daftar teroris. Sementara sisanya, 32 orang, hanya terpapar dan tidak pernah terlibat langsung dalam kegiatan dan aksi terorisme.

ILUSTRASI: Densus 88 Antiteror dalam melakukan penangkapan terhadap terduga teroris di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng). (Dok JawaPos.com)

“Saya baru bertemu dengan Komandan Densus (Dandensus) 88 terkait pengungkapan dugaan kasus teroris di Kalteng. Beliau telah menyampaikan bahwa dari 34 orang yang diamankan hanya 2 orang yang terlibat dan sudah ditetapkan sebagai tersangka,” kata Sugianto Sabran, Sabtu (15/6) malam.

Dia meminta agar pemberitaan di media tidak mengekspos nama lengkap mereka yang telah diamankan. Sebab, mereka hanya terpapar.

“Mereka kami titipkan di Panti Sosial Dinas Sosial Provinsi Kalteng. Kami ingin mereka mendapat perhatian khusus agar dapat terhindar dari paham radikalisme,” ucapnya.

Dua tersangka yang ditangkap telah ditangani oleh aparat. Sementara yang dititipkan di panti sosial akan diberikan pendampingan, baik dari agamawan dan psikater.