Bukan Galaxy Bloom, Smartphone Lipat Terbaru Samsung Bernama Z Flip

JawaPos.com – Pada gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2020 yang baru saja selesai, Samsung mendemokan sejumlah produk ke sejumlah individu tertentu. Salah satu produknya adalah smartphone lipat kedua yang akan dirilis dengan desain clamshell yang fotonya kemudian bocor.

Berdasarkan foto-foto yang bocor sebelumnya itu, diketahui bahwa penerus Galaxy Fold itu tak akan bernama Galaxy Fold 2. Perangkat tersebut membawa nama Galaxy Bloom dan sempat pula disimpulkan itu adalah nama aslinya.

Namun, kabar terbaru mengungkapkan lagi bahwa Galaxy Bloom bukanlah nama smartphone lipat Samsung selanjutnya. Dikutip JawaPos.com dari GSMArena, Senin (13/1), bocoran terbaru telah mengungkap bahwa Bloom bukan nama resmi smartphone lipat Samsung, tetapi hanya codename atau kode penamaan saja.

Live shota smartphone lipat Samsung selanjutnya yang disebut Galaxy Z Flip. (Gizmochina)

Informasi tersebut datang dari gadget leakers kenamaan Ice Universe lewat akun Twitter-nya, @UniverseIce. Dirinya mem-posting tweet yang mengatakan bahwa Bloom adalah kode penamaan saja.

“Bloom hanyalah nama kode,” ujarnya dalam cuitan singkatnya. Dia juga memberikan kode bahwa nama asli smartphone lipat Samsung selanjutnya atau penerus Galaxy Fold adalah Galaxy Z Flip.

Menurut tweet itu, perangkat yang dikenal sebagai Galaxy Bloom akan meluncur sebagai Galaxy Z Flip. Berdasarkan info baru ini, aman untuk mengatakan Galaxy Z adalah jajaran smartphone baru dari Samsung.

Seperti juga sudah ramai bocoran sebelumnya, Samsung Galaxy Z Flip akan memiliki konsep lipatan yang berbeda dari Galaxy Fold. Galaxy Z Flip membawa lipatan dengan sumbu horizontal, tidak seperti Galaxy Fold yang lipatan sumbunya vertikal.

Live shota smartphone lipat Samsung selanjutnya yang disebut Galaxy Z Flip. (Gizmochina)

Perangkat akan datang dengan prosesor Snapdragon 855 di bawah kap mesinnya daripada Snapdragon 865 yang baru dan lebih kuat. Perangkat ini juga akan menampilkan jenis kaca baru yang menggantikan film polimer yang digunakan untuk Galaxy Fold.

Fitur lain dari Galaxy Z Flip termasuk dukungan untuk perekaman video 8K, kamera ganda, dan layar Infinity-O dengan lubang-lubang terpusat untuk kamera selfie. Perangkat tersebut juga akan menjalankan Android 10 berdasarkan User Interface (UI) OneUI di luar kotak.

Terakhir, Samsung akan mengumumkan Galaxy Z Flip bersama seri Galaxy S20 pada acara yang dijadwalkan 11 Februari mendatang.