Buka Peluang Peternak Hasilkan Telur Omega 3

KOTA BATU – Potensi usaha ternak terus dikembangkan Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kota Batu. Salah satunya budi daya ternak ayam yang menghasilkan telur omega 3. Selain rendah kolesterol, harga jualnya juga lebih bagus dibanding telur biasa.

Saat ini, kurang lebih ada 1.000 ayam petelur omega 3 yang dikembangkan BBPP Kota Batu. ”Rata-rata produksi telur yang dihasilkan sekitaran 90 persen. Itu rata-rata produksi sejak Februari sampai akhir Agustus kemarin,” terang Kepala Instalasi Unggas BBPP Kota Batu Wasis Sarjono.  Meski diakui, untuk periode saat ini, produksi telur cenderung turun. Namun, angkanya masih di atas 80 persen.

Menurut Wasis, saat ini telur omega 3 sudah memiliki pelanggan sendiri. ”Kami pasok ke pelanggan di Lamongan. Kalau untuk di Kota Batu sendiri, telur ini bisa didapatkan di beberapa apotek di Kota Batu,” ungkapnya.

Soal harga, telur omega 3 ini dua kali lebih mahal dari telur biasa. Untuk per butirnya dihargai Rp 2.250. Wasis mengungkapkan jika telur ini memang kebanyakan hanya dikonsumsi untuk keperluan kesehatan. ”Karena kandungan dari telur dihasilkan dari pakan ayam yang dicampur dengan suplemen minyak ikan sekitar 3 persen dari pakannya. Telur ini juga bebas dari bakteri salmonella yang sangat berbahaya untuk kesehatan, terutama juga bisa mengganggu imunitas pada balita,” terangnya.

Wasis menyatakan, usaha ayam petelur omega 3 ini sangat bagus dikembangkan di Kota Batu. Karena itu, pihaknya membuka kesempatan peternak untuk belajar di BBPP. ”Peluangnya juga banyak, seperti di sekolah sebagai peningkatan gizi,” tambahnya.

Pewarta: Octo Pratama
Penyunting: Ahmad Yani
Foto: Falahi Mubarok