Buka Peluang Kerja untuk Pensiunan PNS

KOTA BATU Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Batu tak perlu risau bila memasuki masa pensiun. Pasalnya, Badan Kesejahteraan Pegawai dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu sudah menyiapkan program khusus untuk mereka. Nama programnya ”penghantaran pensiun dengan sejahtera”. Kepala BKPSDM Kota Batu Siswanto menjelaskan, program tersebut sebenarnya sudah dimulai 2018 lalu. Akan tetapi, saat itu program digeber hanya sebatas pelatihan keterampilan saja.

Di tahun ini, program itu bakal dimatangkan lagi dengan menambah pelatihan ekonomi kreatif. ”Kami akan gandeng pihak ketiga untuk menyukseskannya,” kata dia. Secara teknis, pihak ketiga akan turun membina para pensiunan PNS. Setelah itu, kelompok-kelompok khusus layaknya paguyuban bakal dibentuk. Bisa berupa koperasi atau kelompok usaha bersama seperti CV atau PT.

Impact-nya nanti agar mereka (PNS) tidak bingung dan malah akan mempunyai pasif income sendiri,” tambah Siswanto. Dengan cara itu, Pemkot Batu mencoba membuka peluang puluhan pensiunan PNS tetap bisa bekerja. Prediksi itu didasarkan pada jumlah pensiunan tiap tahunnya. Yang bisa menembus angka 60 hingga 80 PNS.

”Kami pikirkan dan upayakan tahun ini sudah beraksi. Berikutnya kami juga berharap agar program ini bisa terus digelar rutin di tahun-tahun berikutnya,” imbuhnya. Terkait bidang usaha yang bisa dilakoni cukup banyak. Salah satunya yakni bidang pertanian.

Pewarta               : Badar
Copy Editor          : Amalia Safitri
Penyunting          : Bayu Mulya
Fotografi              : Darmono