Budaya Kita Luar Biasa, Malah Mencari Doraemon

Budaya Kita Luar Biasa, Malah Mencari Doraemon

Calon wakil gubernur Jawa Tengah Ida Fauziyah saat hadir dalam sedekah laut di Desa Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati.
(dok. Tim Media Sudirman-Ida)

RADAR MALANG ONLINE – Calon wakil gubernur Jawa Tengah Ida Fauziyah menekankan pentingnya menjaga eksistensi seni budaya ketoprak. Ia menyampaikan hal itu saat hadir dalam sedekah laut di Desa Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Kamis (26/4) malam.

Menurutnya, ketoprak bukanlah sembarang seni. Pasangan Ida Fauziyah itu bahkan menyebut, masyarakat bisa belajar nilai-nilai kearifan, maupun kepahlawanan dari yang namanya ketoprak.

“Budaya kita jauh luar biasa. Kita bisa belajar tentang kepahlawanan. Bukan malah mencari Doraemon dari Jepang,” katanya usai menyaksikkan sedekah laut menampilkan pertunjukan ketoprak dengan lakon Damarwulan Tanding, Minakjinggo Ronggolawe Gugur.

Pasangan Sudirman Said dalam Pilgub Jateng ini lantas mengapresiasi penuh Pati sebagai daerah yang luar biasa. Alasannya, orang-orang di sana mampu memberi kesempatan pada generasi muda untuk bisa menikmati budaya yang luar biasa pula.

“Pati ini sumbangkan budaya ketoprak yang tidak sedikit. Yang saya dengar ada 35 grup ketoprak yang sampai sekarang masih eksis,” paparnya.

Keberadaan grup-grup ketoprak itu, lanjut politisi PKB itu, bisa menjadi bagian untuk mengenalkan budaya kepada generasi penerus. “Tanpa ini, siapa yang akan mengenalkan? Grup-grup ini sudah menjadi bagian melestarikan budaya yang ada,” tegasnya.

Atas dasar itu, lanjut Ida, sudah semestinya pemerintah memberikan fasilitasi. Lantaran, hal itu demi mengimbangi atau setidaknya membuat budaya lokal supaya kian tak tergerus oleh budaya asing yang makin gencar masuk ke Indonesia.

Ida sendiri mengaku bangga bisa hadir dalam acara sedekah laut tersebut. Dia pun mendoakan para nelayan diberikan umur dan rizki yang berkah.

“Nyuwun pangestunipun, agar apa yang sedang saya tempuh dengan pak Sudirman Said nanti benar-benar bisa membawa manfaat bagi masyarakat Jawa Tengah,” tandasnya.


(gul/JPC)