Brexit Puskesmas Janti Antar Kota Malang Raih Penghargaan Innovative Goverment Award 2018

KOTA MALANG – Braille E-Ticketing Extraordinary Information (Brexit) yang merupakan inovasi pelayanan kesehatan bagi penyandang disabilitas dari Puskesmas Janti tersebut sukses mengantarkan Kota Malang meraih penghargaan Innovative Goverment Award 2018 di Puri Agung Convention Hall, Hotel Sahid, Jakarta, Jumat (7/12) lalu.

“Jumat lalu, (7/12) saya mewakili puskesmas Janti menemani Wali Kota menerima penghargaan di Jakarta,” urai Kepala Puskesmas Janti, Endang Listyowati, SKepNs MMKes.

Inovasi yang awalnya digagas Puskesmas pada tahun 2017 ini berusaha memberikan pelayanan yang optimal bagi penyandang disabilitas, khususnya pasien tuna netra. Fasilitas yang diberikan bagi penyandang tuna netra antara lain papan bertuliskan huruf Braille di puskesmas, jalan khusus guiding block, dan karpet jalur pemandu bagi penyandang disabilitas netra.

“Ini jenis inovasi baru yang belum ada di puskesmas di seluruh Indonesia, jadi kami senang dan dari panitia juga ingin inovasi kami ini ditiru oleh puskesmas lain di seluruh Indonesia,” ungkap Endang.

Bahkan menurut Endang di tahun depan saja bakal ada beberapa kota dan kabupaten yang datang ke Puskesmas Janti untuk belajar mereplikasi Brexit di wilayah puskesmasnya masing masing.



“Harapan Kecil dulu, Puskesmas Janti supaya inovasi Brexit ini bisa direplikasi di Kota Malang, khususnya di semua puskesmas di Kota Malang,” harapnya.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting : Fia