BPS Kota Batu Mulai Sensus Online di Pertengahan Februari

Parjan, Kepala BPS Kota Batu

KOTA BATU – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batu akan melakukan sensus penduduk secara serentak pada Sabtu depan (15/2). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, BPS akan menerapkan sistem sensus penduduk online melalui https://sensus.bps.go.id/ dan akan berakhir pada 31 Maret.

“Dari data terakhir, tercatat Kota Batu memiliki 207 ribu penduduk. Nah kami harap dengan menerapkan sistem sensus penduduk online ini nanti bisa membantu kinerja kami,” ungkap Parjan, Kepala BPS Kota Batu Kamis siang (13/2).

Ia berharap keikutsertaan penduduk pada sensus online ini setidaknya bisa mencapai 50 persen dari data terakhir. Lebih lanjut, pada sensus penduduk online nanti warga, bisa mengakses https://sensus.bps.go.id/ . Di web tersebut, masyarakat bisa melakukan input data dengan cara memasukkan nomor KK (Kartu Keluarga) dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) serta kata sandi untuk menghindari adanya penyalahgunaan data oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dalam sensus penduduk tersebut nantinya juga akan disediakan pertanyaan yang harus dijawab di kolom yang disediakan.

“Kalau mau diwakilkan juga tidak apa-apa asalkan masih satu keluarga. Kalau kepada orang lain takutnya ada penyalahgunaan data dan tidak validnya data yang masuk,” terangnya. Ia juga berharap nantinya sensus penduduk online tidak mengalami kendala pada server ketika digunakan oleh masyarakat secara serentak.

Sementara itu, warga yang tidak mengikuti sensus penduduk online ini nantinya akan disensus secara manual oleh BPS. “Untuk sensus penduduk manual akan kami lakukan pada 1 Juni sampai 31 Juli 2020. Maka dari itu target kami setidaknya bisa mencapai 50 persen sehingga bisa menunjukkan bahwa masyarakat Kota Batu bisa mengikuti era revolusi industri 4.0,” tukasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : istimewa
Penyunting: Fia