BPBD Libatkan Peran Linmas dalam Kebencanaan agar Mudahkan Penanganan

PURWOREJO, Radar Bromo– Kota Pasuruan adalah wilayah yang cukup rawan dilanda bencana setiap tahun. Untuk itu perlu adanya antisipasi sejak dini. Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan melibatkan peran perlindungan masyarakat (linmas) di setiap kelurahan.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) pada BPBD Kota Pasuruan, Samsul Hadi mengungkap pihaknya melibatkan peran linmas saat terjadi bencana. Baik itu dalam upaya antisipasi atau saat bencana maupun penanganan setelah terjadi bencana. Ini untuk memudahkan penanganan bencana di Kota Pasuruan.

“Kota Pasuruan cukup rawan dilanda bencana tahunan. Seperti angin kencang, angin puting beliung, banjir hingga kebakaran. Maka perlu penanganan yang lebih cepat di masyarakat,” ungkapnya.

Samsul menjelaskan unsur linmas ini berasal dari setiap kelurahan. Sehingga saat ada bencana, tidak hanya dari unsur petugas BPBD Kota Pasuruan saja yang terlibat. Namun ada relawan, linmas maupun masyarakat setempat yang ikut andil untuk membantu penanganan bencana.

Menurutnya selama ini linmas sudah dilibatkan. Misalnya saat ada bencana, mereka memberikan informasi pada petugas BPBD. Dan saat bencana itu berlangsung mereka turut membantu seperti melakukan evakuasi warga yang sakit atau memberikan bantuan berupa makanan pada warga yang terdampak.

“Dengan begini, penanganan bencana menajdi lebih cepat dan semakin tepat sasaran. Jadi kalau ada warga yang membutuhkan pertolongan bisa dilakukan segera,” pungkasnya. (riz/fun)