Botol PET Bisa Didaur Ulang Hingga 50 Kali

Botol PET Bisa Didaur Ulang Hingga 50 Kali - JPNN.com

Rabu, 20 November 2019 – 03:31 WIB

diskusi publik Potensi Ekonomi dari Pengelolaan Sampah Plastik, yang dilaksanakan Komunitas Plastik Untuk Kebaikan (KPUK) di Jakarta, Selasa (19/11). Foto: Dok Pri

jpnn.com, JAKARTA – Pakar Polimer Institut Teknologi Bandung Ahmad Zainal Abidin mengatakan, botol PET mampu didaur ulang hingga 50 kali sehingga menghemat bahan baku produksi.

“Botol PET itu bisa diproses 100 persen menjadi produk berharga sehingga tidak perlu ada pembatasan ataupun larangan penggunaannya,” kata Zainal dalam diskusi publik Potensi Ekonomi dari Pengelolaan Sampah Plastik, yang dilaksanakan Komunitas Plastik Untuk Kebaikan (KPUK) di Jakarta, Selasa (19/11).

Bantuan teknologi membuat waktu untuk membuat plastik bisa terurai dan dimanfaatkan kembali hanya kurang lebih satu detik.

“Jadi, tidak ada masalah dengan plastik,” imbuhnya.

Ketua Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) Pris Poly Lengkong mengaku heran dengan sikap pemerintah melarang botol plastik PET.

“Nilai jual dan nilai ekonomi dari plastik PET ini sangat tinggi. Kenapa bukannya pemerintah justru meningkatkan potensi ekonomi dari plastik pet ini?” ungkap Pris.

Dia menambahkan, anggotanya berjumlah 3,7 juta dari 25 provinsi.

“Bayangkan betapa banyak orang sudah tertolong kesejahteraannya dari sampah botol plastik ini,” tambah Pris.