Boon Pring Segera Miliki PLTMH

TUREN – Rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) di kawasan Boon Pring, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, segera terwujud. Itu setelah BNI menyetujui bantuan untuk pembangunan PLTMH senilai Rp 400 jutaan. Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dr Fauzan MPd dalam pertemuan dengan Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad minggu lalu menyatakan bila BNI sudah siap mendanai pembangunan PLTMH di Boon Pring.

”Alhamdulillah, anggaran yang kami ajukan sudah disetujui,” terang Fauzan. Dia berharap, pembangunan bisa selesai sesuai rencana. Jadi, manfaatnya segera bisa dirasakan oleh masyarakat dan pengelola wisata Boon Pring. Sementara itu, untuk persiapan peletakan batu pertama pembangunan PLTMH, kemarin perwakilan dari BNI, UMM, dan Jawa Pos Radar Malang meninjau lokasi. Dari UMM ada Ir Suwignyo MT, kepala Pusat Pengkajian dan Penerapan Energi Baru dan Terbarukan (P3EBT) yang hadir.

Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad juga hadir langsung. Di sana mereka disambut Kades Sanankerto Mohammad Subur dan Ketua BUMDes setempat Syamsul Arifin. ”Rencananya, peletakan batu pertamanya pada 20 April ini,” terang Suwignyo. Menurut dia,  secara sumber daya alam, Boon Pring sudah sangat layak untuk dibangun PLTMH. Karena air yang mengalir di sana tidak pernah mati.

Dia menghitung untuk penyelesaian pembangunan butuh waktu sekitar 5 bulan. ”Kalau investasi yang digunakan untuk membangun PLTMH tersebut diperkirakan akan balik modal dalam jangka waktu 4 tahun,” terang Suwignyo. Sementara itu, Kurniawan Muhammad berharap adanya bantuan itu bisa membuat wisata Boon Pring makin bagus. ”Menurut saya, kalau dipermak, ini bisa menarik wisatawan kelas menengah,” kata dia.

Sementara itu, Kades Sanankerto Mohammad Subur terlihat antusias mendengar kabar terbaru tersebut. Dia yakin kalau PLTMH sudah beroperasi, pariwisata Boon Pring akan bisa berkembang lebih pesat lagi. ”Kalau sudah ada listrik, rencana kami buka sampai malam,” terang dia.



Pewarta               : lid
Copy Editor         : Dwi Lindawati
Penyunting         : Bayu Mulya
Fotografer          : Kholid Amrullah